Para tokoh nasional Islam yang sangat terkenal itu juga berjasa dalam membentuk Panitia Persiapan Kemerdekaan RI, Pembentukan Pancasila dan UUD-1945.
Medan (ANTARA) - Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mataliti mengatakan Islam sangat berjasa dalam Perjuangan Kemerdekaan Bangsa Indonesia dalam merebut dan mempertahankan dari tangan penjajahan kolonial Belanda.

"Perjuangan Kemerdekaan RI itu dilakukan para tokoh-tokoh nasional yang umumnya beragama Islam, dan tanpa kenal menyerah mempertahankan Negeri Tercinta," ucap LaNyalla, ketika sebagai pembicara pada Kongres ke-2 Umat Islam Sumatera Utara, di Asrama Haji Pangkalan Masyhur Medan, Jumat.

LaNyalla menyebutkan, perjuangan para tokoh nasional yang beragama Islam, tanpa kenal menyerah mengusir penjajahan kolonial Belanda dari Bumi Pertiwi.

Tokoh nasional itu rela mengorbankan jiwa raganya demi mempertahankan Kemerdekaan RI dari penjajahan Belanda.

"Para tokoh nasional Islam itu KH Wahid Hasyim, Haji Agus Salima, HM Yamin, dan tokoh-tokoh nasional Islam lainnya," ucapnya.

Ketua DPD RI mengatakan, para tokoh nasional Islam itu berjasa dalam merebut Kemerdekaan RI.

Para tokoh nasional Islam yang sangat terkenal itu, juga berjasa dalam membentuk Panitia Persiapan Kemerdekaan RI, Pembentukan Pancasila dan UUD-1945.

"Perjuangan para tokoh nasional Islam itu rela berkorban demi perjuangan Kemerdekaan RI, hal ini perlu dicontoh para peserta Kongres ke-2 Umat Islam Sumatera Utara," kata Ketua DPD RI.

Kongres ke-2 Umat Islam Sumatera Utara di Asrama Haji Pangkalan Masyhur Medan, Jumat hingga Ahad (26-28 Agustus 2022) yang diikuti lebih kurang 600 peserta yang berasal dari Ormas Islam, yakni Muhammadiyah, Nahdatul Ulama, Al Wasliyah dan Ormas Islam lainnya.
Baca juga: LaNyalla ungkap makna pakai baju adat Minang saat baca teks proklamasi
Baca juga: DPD RI tegaskan tak ada yang salah pidato Sidang Tahunan Ketua MPR
Baca juga: Senator Abdul Kholik apresiasi pidato Ketua DPR saat sidang bersama

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2022