Kalau dulu penyambutan mahasiswa baru ada plonco, jadi semua takut
Jakarta (ANTARA) - Rektor Universitas Pelita Harapan (UPH) Dr (Hon) Jonathan L Parapak MEngSc mengatakan kemerdekaan dalam belajar dapat meningkatkan prestasi mahasiswa.

“Kalau dulu penyambutan mahasiswa baru ada plonco, jadi semua takut. Akan tetapi sekarang tidak lagi, kita semangati kita bekali dengan kemerdekaan dalam belajar hingga dapat meningkatkan prestasi mahasiswa,” ujar Jonathan pada pembukaan UPH Festival di Tangerang, Kamis.

Dia menambahkan kemerdekaan dalam belajar tersebut, akan memicu mahasiswa semangat dalam belajar dan meningkatkan prestasi mahasiswa.

“Selamat datang para mahasiswa baru, selamat bergabung dalam keluarga UPH. UPH Festival tahun ini sangat spesial bagi kita semua, karena kita akhirnya kembali ke kampus setelah lebih dari dua tahun kami menyelenggarakan UPH Festival dalam format online,” jelas dia.

UPH Festival ditujukan untuk memperkenalkan mahasiswa baru mengenai seputar aktivitas akademik di UPH yang dilakukan secara holistik. Di UPH, lanjut dia, pihaknya berkomitmen untuk ‘Change Mind and Hearts’, kami memupuk kebijaksanaan dan menempa karakter dengan nilai-nilai yang terkandung dalam visi UPH.

Baca juga: Mendikbudristek sebut Merdeka Belajar upaya perluasan akses pendidikan

Baca juga: Transformasi perpustakaan dukung pelaksanaan MBKM


“Saya berharap, visi ini dapat ditanamkan ke dalam diri tiap mahasiswa, sehingga siap diutus menjadi agen perubahan transformasional. Demikian juga lewat pengajaran dan mentoring yang kami berikan, dapat membantu menjadi lulusan yang berdampak setelah menyelesaikan studi di UPH,” jelas dia.

Pendiri dari UPH, Dr (HC) James Riady, mengatakan pihaknya percaya setiap mahasiswa akan menjadi pemimpin.

“Jadi penting untuk mulai dari hari ini, kalian harus mengambil komitmen untuk membuat Indonesia menjadi lebih baik lagi dan hidup memberi dampak. Bagaimana caranya? Sesuai tema UPH Festival 2022, yaitu melalui perubahan hati dan pikiran. Saya yakin kalian akan mengalami perubahan yang baik selama di UPH. Mari lakukan yang terbaik, setia melakukan yang benar, dan kejar talenta terbaik kalian,” pesan James.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbutristek) Nadiem Anwar Makarim mengajak agar mahasiswa baru memanfaatkan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) selama fase perkuliahan. Nadiem berpesan bahwa melalui program itu, para mahasiswa dapat semakin menentukan arah minat yang tentunya berguna bagi masa depan.

Baca juga: Hasil penelitian sebut MBKM beri dampak psikologis pada mahasiswa

Baca juga: Kemendikbudristek : MBKM tingkatkan daya saing bangsa


Pewarta: Indriani
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022