Medan (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian wilayah Sumatera Utara berawan dan berpotensi hujan ringan pada Senin siang dan malam hari.

Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan, Martha R. Manurung di Medan, Senin, mengatakan, secara umum cuaca di Sumatera Utara pada siang dan sore hari umumnya berawan dan berpotensi hujan ringan berpeluang terjadi di wilayah Langkat, Karo, Deli Serdang, Simalungun, dan sekitarnya.

Malam hari umumnya berawan dan potensi hujan ringan berpeluang terjadi di wilayah Langkat, Deli Serdang, Simalungun, dan sekitarnya.

Baca juga: Senin, Jakarta diprakirakan cerah berawan pada pagi dan siang hari
Baca juga: BMKG keluarkan peringatan hujan lebat di sejumlah wilayah Indonesia

Suhu di Sumatera Utara diperkirakan berkisar antara 17 hingga 33 derajat Celsius dan kelembaban udara berkisar antara 60 hingga 95 persen serta angin berhembus dari Tenggara – Barat Daya dengan kecepatan 10 – 30 km per jam.

Sementara berdasarkan pantauan sensor modis melalui Satelit Tera, Aqua, SNPP dan NOAA20 terpantau 14 titik panas di sejumlah wilayah di Sumatera Utara.

Titik panas tersebut tersebar masing-masing di Humbang Hasundutan satu titik, Padang Lawas tiga titik, Samosir 5 titik, Tapanuli tengah 2 titik dan Tapanuli Utara 3 titik.

Baca juga: Peringatan dini BMKG: Waspadai potensi gelombang hingga 6 meter

Pewarta: Juraidi
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022