Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita Senin (27/6) yang menarik untuk disimak mulai dari 72.092 calon haji Indonesia tiba di Arab Saudi hingga Kemendikbudristek meluncurkan dana abadi perguruan tinggi. Berikut berita-berita tersebut :

1. 72.092 Calhaj Indonesia tiba di Arab Saudi

Hingga Minggu (26/6) malam, Kantor Urusan Haji (KUH) Indonesia mencatat sudah 72.092 calon haji (Calhaj) tiba di Arab Saudi atau sekitar 75 persen dari kuota sebanyak 100.051 orang.

Dihimpun dari Media Center Haji di Mekkah, Senin, kedatangan jamaah reguler tersebut merupakan akumulasi dari yang mendarat di Madinah pada gelombang I dan di Jeddah gelombang II.

2. Kasatgas PMK imbau peternak skala besar laporkan data semua hewan

Kepala Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) Letjen TNI Suharyanto mengimbau para peternak skala besar melaporkan data kesehatan seluruh hewan ternak yang dimiliki.

Sebab, banyak peternakan skala besar yang belum melaporkan data hewan ternaknya, baik yang sehat, sudah divaksin maupun yang terjangkit PMK.

3. Kemendikbudristek luncurkan dana abadi perguruan tinggi

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) meluncurkan Merdeka Belajar episode ke-21, yakni dana abadi perguruan tinggi.

"Kemendikbudristek bekerja sama dengan LPDP menyediakan alokasi pendanaan dari Dana Abadi Perguruan Tinggi untuk menunjang Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH) menjadi perguruan tinggi kelas dunia, " ujar Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim, di Jakarta, Senin.

4. Wamenag: Rasa sensitif manajemen Holywings tumpul

Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa'adi menilai rasa sensitif keberagaman manajemen Holywings sangat tumpul, sehingga dengan tanpa pikir panjang membuat promosi produk yang dapat melukai perasaan umat beragama.

"Saya sangat menyesalkan terjadinya kasus tersebut. Hal ini menunjukkan betapa tumpulnya rasa sensitif keberagamaan pihak manajemen," kata Wamenag saat dihubungi di Jakarta, Senin, menanggapi soal kasus promosi minuman alkohol gratis untuk para pengunjung yang bernama "Muhammad" dan "Maria"

5. Vaksin Merah Putih masuk fase akhir uji klinik

Vaksin COVID-19 Merah Putih yang dikembangkan peneliti dari Universitas Airlangga (Unair) dan PT Biotis memasuki fase ketiga uji klinik sebagai tahapan akhir untuk memperoleh Izin Penggunaan Darurat (Emergency Use Authorization/EUA) di Indonesia.

Pewarta: Indriani
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022