Samarinda (ANTARA) - Dinas Pemuda dan Olahraga ( Dispora) Provinsi Kalimantan Timur pada tahun ini siap memberikan pelatihan kewirausahaan kepada 2.000 generasi muda di provinsi setempat.

"Sesuai arahan pak Gubernur Kaltim, pada tahun ini kami ditarget melatih 2.000 peserta dan setahun kemudian (2023), kami mendapat target 10.000 pemuda dilatih dan dibina untuk menjadi wirausahawan muda," kata Kepala Dispora Kaltim Agus Tianur dalam keterangan resmi di Samarinda, Jumat.

Agus mengatakan kegiatan pelatihan wirausaha muda ini dilaksanakan dengan tema "Membangun Semangat Wirausaha Menuju Kemandirian dan Kedaulatan Ekonomi Pemuda menyambut Kaltim sebagai Ibu Kota Negara ( IKN).

Baca juga: Dispora seleksi calon peserta Kapal Pemuda Nusantara

Menurut Agus, dengan target peserta yang cukup banyak, pihaknya tidak bisa berjalan sendiri dan harus melibatkan Dispora di kabupaten dan kota se- Kaltim untuk melaksanakan kegiatan pelatihan.

"Saat ini telah dimulai kegiatan wirausaha muda di Kabupaten Kutai Timur bersama Dispora setempat, kegiatan ini merupakan prioritas gubernur dalam membangun spirit kemandirian bagi pemuda di Kaltim," ucap Agus.

Menurut Agus, Kutai Timur merupakan daerah kedua setelah Samarinda. Diharapkan peserta memiliki spirit dan mengeluarkan potensinya membangun semangat kemandirian dan kewirausahaan.

Upaya membangun wirausaha akan dilakukan di kecamatan-kecamatan dan menyentuh pemuda hingga ke seluruh pelosok Kaltim. Sehingga, wirausaha muda lahir dari kampung, tidak lagi didominasi dari kota. "Kita harap para pemuda mampu bersaing di era IKN nanti," katanya.

Baca juga: Wagub Kaltim harapkan perjuangan DBH disetujui pusat

Baca juga: Masa depan otonomi daerah di tangan pemuda


Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman mengapresiasi kegiatan tersebut, terlebih total peserta untuk kabupaten yang memiliki luas 17 persen dari wilayah Provinsi Kaltim itu sebanyak 300 orang.

“Kutim adalah tanah yang ajaib, karena memiliki lahan yang penuh keajaiban di sisi darat maupun lautnya. Untuk itu, generasi mudanya harus berkembang dan kreatif," ujarnya.

Pewarta: Arumanto
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022