tiga bulan sebelum lulus mereka disiapkan sudah memiliki usaha dengan badan usaha UD, CV, bahkan yang berbadan hukum PT
Makassar (ANTARA) - Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar mendorong mahasiswa menjadi wirausahawan antara lain dengan memberikan bimbingan teknis sebagai bekal memasuki dunia usaha.

Wakil Rektor V UMI Prof Dr Ir HM Hattah Fattah MS dalam keterangannya di Makassar, Jumat, mengatakan Unit Pelaksana Tugas (UPT) Manajemen Inovasi dan Inkubasi Bisnis UMI kembali menggelar bimbingan teknis untuk mahasiswa terkhusus yang memiliki jiwa bisnis (usahawan).

Kehadiran bimbingan teknis ini untuk mempersiapkan keluaran UMI agar lebih siap masuk ke dunia luar, khususnya menjadi seorang pengusaha.

Baca juga: UMI Makassar fokus meraih akreditasi internasional

“Kami ingin mendorong mahasiswa betul-betul menjadi pengusaha. Karena memang kita tidak pernah melihat ada seorang usahawan yang langsung sukses. Mereka pasti akan gagal dahulu,” katanya.

“Jadi kita persiapkan anak anak kita menjadi pengusaha. Bahkan tiga bulan sebelum lulus mereka disiapkan sudah memiliki usaha dengan badan usaha UD, CV, bahkan yang berbadan hukum PT,” sambung Guru Besar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) itu.

Baca juga: UMI undang menteri dari Malaysia bahas pembangunan masyarakat

Mantan Dekan FPIK UMI itu menjelaskan ada dua hal penting yang dilakukan UMI untuk memastikan keseriusan peserta bimbingan teknis agar kemudian hari bisa dilihat hasilnya.

Pihaknya tidak mau pelatihan ini tidak hanya pertemuan-pertemuan tapi akan ada realisasi di kemudian hari.

"Ada dua hal yang kita terus lakukan untuk anak-anak kita. Pertama, akan diikutkan pelatihan supaya mereka termotivasi. Kedua, akan dipantau perkembangannya seperti bagaimana perjalanan usaha yang dibangun,” ujarnya.

Baca juga: UMI Makassar gelar pelatihan pendampingan proses produksi halal

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022