Mayoritas pemudik asal Pulau Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat dan sekitarnya yang berangkat dari Banjarmasin dengan tujuan Surabaya
Banjarmasin (ANTARA) - Posko Terpadu Angkutan Lebaran 2022 Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Kalimantan Selatan, resmi ditutup dengan jumlah penumpang melintas sebanyak 35.454 orang selama arus mudik dan arus balik Idul Fitri 1443 Hijriah.

"Mayoritas pemudik asal Pulau Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat dan sekitarnya yang berangkat dari Banjarmasin tujuan Surabaya," kata Kepala Posko Terpadu Pelabuhan Trisakti Banjarmasin Capt Maltus Jackline di Banjarmasin, Jumat.

Selain penumpang orang, empat armada kapal yang melayani selama arus mudik Lebaran 2022 juga mengangkut sebanyak 7.713 unit kendaraan berbagai jenis.

Baca juga: Arus balik di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin belum meningkat drastis

Selama 32 hari terhitung mulai 17 April sampai 18 Mei 2022, jumlah penumpang kapal tahun ini masih lebih rendah  jika dibandingkan arus mudik tahun 2019 atau sebelum pandemi COVID-19.

Maltus menyebutkan pada 2019 sebanyak 39.992 penumpang. Artinya ada penurunan jumlah pemudik sebesar 11,34 persen pada 2022 ini.

Sementara jika dibandingkan tahun 2021 yang masih berlaku kebijakan larangan mudik, ada peningkatan jumlah penumpang sebesar 179,6 persen yaitu 12.679 orang pada momen Lebaran 2021.

Baca juga: 11.395 pemudik angkutan laut tinggalkan Kalsel menuju Surabaya

Terlepas dari penurunan jumlah penumpang mudik yang tidak sebesar ketika sebelum pandemi, Maltus menyatakan kondisi saat ini patut disyukuri bersama setelah dapat dilalui dengan aman, tertib dan lancar.

Dia mewakili Kepala KSOP Kelas I Banjarmasin Hartanto menyampaikan terima kasih kepada semua unsur petugas gabungan yang terlibat dalam mendukung pengamanan arus mudik Lebaran 2022 di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin.

Baca juga: Puncak arus mudik di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin pada H-5 Lebaran

Begitu juga kepada para penumpang kapal yang telah tertib mengikuti arahan petugas di lapangan, Maltus memberikan apresiasi termasuk operator PT Dharma Lautan Utama (DLU) dan PT Berlian Lautan Sejahtera atas beroperasinya masing-masing dua kapal melayani arus mudik tahun ini.

Bahkan di hari terakhir gelaran posko, KM Dharma Rucitra I milik DLU juga sukses memberangkatkan 120 penumpang dan 82 unit kendaraan beserta 140 sopir dan kernet dari Banjarmasin tujuan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Baca juga: KPLP kerahkan kapal patroli Jembio amankan arus mudik perairan Kalsel

Pewarta: Firman
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022