Malang (ANTARA) - Sedikitnya 19.487 calon mahasiswa baru tahun akademik 2022/2023 mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang diselenggarakan di kampus Universitas Brawijaya (UB), Selasa.

Rektor Universitas Brawijaya Prof Dr Nuhfil Hanani beserta para pimpinan universitas dan fakultas meninjau pelaksanaan hari pertama UTBK yang diselenggarakan di sejumlah lokasi kampus setempat, seperti di Fakultas Pertanian, Kedokteran, Ilmu Komputer, dan Fakultas Teknologi Pertanian.

“Alhamdulillah, pelaksanaan UTBK hari pertama ini berjalan lancar. Kami sudah mengecek semua persiapan mulai sebelum pelaksanaan, dan pada hari pertama ini berjalan dengan tertib dengan mengikuti protokol kesehatan, bahkan ada pemeriksaan dengan metal detektor. Insya Allah tidak ada sesuatu yang tidak kita inginkan,” kata Nuhfil Hanani.

Pelaksanaan UTBK 2022 di UB diikuti oleh 19.487 peserta. UTBK untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022 ini dilaksanakan dalam dua gelombang, yakni gelombang pertama pada 17-23 Mei 2022 dan gelombang kedua pada 28 Mei-3 Juni 2022.

Baca juga: 8.402 calon mahasiswa mengikuti UTBK di Untidar Magelang

Baca juga: 12.768 peserta ikuti UTBK SBMPTN 2022 di Untan Pontianak


Rektor menjelaskan UB menyediakan 67 ruangan dan 1.380 komputer untuk setiap sesinya. “UB melaksanakan UTBk di kampus secara penuh dengan laboratorium komputer yang juga milik kampus,” katanya.

UTBK di UB melibatkan 79 pengawas, 16 penanggung jawab lokasi, 16 penanggung jawab TIK lokasi, 16 admin TIK lokasi, 4 admin server, dan 69 teknisi ruang dalam tiap sesi.

Wakil Rektor Bidang Akademik UB, Prof Dr Aulanni’am menuturkan, UB juga memfasilitasi peserta UTBK difabel. Ada tujuh peserta difabel, yang terdiri atas dua orang tunanetra dan lima orang tunadaksa. Mereka disediakan ruangan khusus di FISIP dan FILKOM.

“Mereka kami tempatkan di dua fakultas tersebut, karena ada akses dan fasilitas untuk difabel,” kata Prof Aul, sapaan akrab Aulanni’am.

Ia mengemukakan pemeriksaan kepada para peserta dengan metal detektor sebelum tes dilakukan untuk mengantisipasi kecurangan. UB menyediakan dua petugas, laki-laki dan perempuan di masing-masing ruangan untuk melakukan pengecekan.

Pelaksanaan UTBK setiap hari terbagi dalam dua sesi, yakni sesi pagi dan sesi siang. Hasil UTBK akan diumumkan di website ltmpt.ac.id pada tanggal 23 Juni 2022.

Tahun ini UB menerima mahasiswa baru melalui tiga jalur penerimaan, yakni SNMPTN (20 persen), SBMPTN (30 persen), dan Seleksi Mandiri (50 persen).*

Baca juga: 140 peserta tidak hadir UTBK hari pertama di Unhas

Baca juga: UI terima 1.676 mahasiswa baru melalui jalur UTBK SBMPTN 2022

Pewarta: Endang Sukarelawati
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022