Banjar (ANTARA News) - Dinas kebudayaan, pariwisata, pemuda dan olahraga Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan menggelar festival beduk meriahkan malam takbiran, Senin malam di taman Cahaya Bumi Selamat Martapura.

Kabid kebudayaan, Fauzi mengatakan dipastikan enam peserta festival beduk akan tampil pada malam final yang dilaksanakan bersamaan malam takbiran.

"Sebelumnya dibabak penyisihan sebanyak 14 peserta mengikuti festival beduk dan enam group maju ke babak final yang digelar Senin malam," jelas Fauzi, Senin di Martapura.

Para peserta festival beduk dinilai berdasarkan irama tabuhan, syair, keterampilan menabuh dengan durasi sekitar 15 menit.

Satu group peserta festival terdiri atas 21 orang mencakup 16 penabuh atau pemukul beduk dan 5 orang pelantun syair.

"Festival beduk menjadi acara tahunan di Kabupaten Banjar dalam menyambut lebaran dan  melalui festival ini peserta tak hanya dituntut piawai menabuh beduk namun harus pandai melantunkan syair yang dinyanyikan," tambah Fauzi.

Peserta festival beduk sendiri berasal dari kota Martapura, Banjarbaru dan Banjarmasin dengan dilengkapi beduk ukuran 4 meter x 10 meter.

Enam peserta festival beduk yang akan tampil pada malam final yakni Tarbiatul aulad (Desa mekar Martapura Timur), Irhamna (Sekumpul Ujung Martapura Kota), Al mujtahid (Sei.batang ilir Martapura Barat), Al ikh tiar (Desa mekar Martapura Timur), Baital huda (Desa Pekauman tengah Martapura Timur) dan Al amin (Pekauman ulu Martapura Timur).

Selain festival beduk juga akan digelar pawai beduk pawai beduk dengan rute, dari taman Cahaya Bumi Selamat - Jalan Ahmad Yani - Jalan Mantri Empat - jalan Pangeran Abdurahman - jalan Berlian dan kembali ke CBS. (ANT) 

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011