Jakarta (ANTARA News) - Atlet putri nasional Triyaningsih berhasil menempati urutan keenam pada nomor lari 5.000 meter di Kejuaraan Atletik Asia XIX di Kobe, Jepang, Sabtu.

Meski pulang tidak membawa medali, Triyaningsih yang terpaksa absen pada Kejurnas di Jakarta pada akhir Juni berhasil membukukan catatan waktu 16:05.18 detik.

Catatan waktu yang dibuat Triyaningsih ini tidak lebih baik dibanding hasil pencapaiannya di SEA Games Laos 2009, di mana ia membukukan catatan waktu 15:56.79 detik atau terpaut sekitar delapan detik.

"Pada umumnya mereka bisa mempertahankan prestasi dan puncak penampilan mereka di Kejurnas. Yang penting mereka bisa menyiapkan puncak penampilannya di SEA Games nanti," ujar Manajer Tim Atletik Indonesia Eni Nuraini ketika dihubungi.

Selain Triyaningsih, atlet putra Agus Prayogo harus puas di urutan kedelapan dengan catatan waktu 14:10.85 pada nomor yang sama, juga hasil lomba hari Sabtu yang merupakan hari terakhir.

Sedangkan Abdul Haris yang tampil di nomor 800 meter tidak lolos ke final dengan catatan waktu 1:53.

Ke Kejuaraan Asia itu PB PASI mengirimkan sebanyak 15 atlet. Event itu juga difungsikan sebagai ajang promosi dan degradasi meski masih ada beberapa event lain yang akan diikuti para atlet sebelum tampil di SEA Games 2011, termasuk Kejuaraan Asia khusus marathon di Pattaya, Thailand mulai 17 Juli mendatang.(*)

(ANT-132/I015)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011