Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat membagikan paket perlengkapan penunjang protokol kesehatan (prokes) di delapan titik jalur mudik di Jakarta dan sekitarnya.

Bekerjasama dengan swasta, Kemenhub membagikan hand sanitizer, minyak aromaterapi, lotion anti nyamuk, dan suplemen vitamin bagi pemudik Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 di Stasiun Senen, Gambir, Terminal Kampung Rambutan, Terminal Pulogadung, dan juga Pelabuhan Merak, Banten.

Dirjen Perhubungan Darat, Kemenhub, Budi Setiyadi, dalam siaran pers dikutip Kamis mengatakan bahwa dalam situasi pandemi COVID-19 yang belum berakhir sekarang, walau kasus sudah menurun, kita tidak bolah abai dan tetap taat protokok kesehatan.

Baca juga: Kemenhub akan cabut larangan beroperasi pesawat Boeing 737MAX

Baca juga: Pergerakan penumpang angkutan umum turun dibanding hari biasa


"Kita masih dalam suasana COVID19 yang belum berakhir walaupun kasus sudah menurun, namun seperti yang diharapkan oleh Bapak Menteri Perhubungan Bapak Budi Karya Sumadi jangan sampai kita semua lalai, jangan sampai kita semua abai dan terus meningkatkan komunikasi kita kepada masyarakat untuk tetap taat protokol kesehatan," katanya.

Pembagian paket perlengkapan kesehatan ini merupakan kerja sama Kemenhub dengan Enesis Group yang diharapkan dapat melindungi masyarakat dalam perjalanan mereka sehingga aman dan sehat.

"Tahun lalu, kami melakukan hal yang sama dengan beberapa moda transportasi, dan tahun ini kolaborasi dengan Kementerian Perhubungan RI kami pun konsisten untuk terus melindungi dan menjaga kesehatan masyarakat Indonesia," kata Elkana Lewerisa, Head of Public Relation Enesis Group.

Pembangian paket perlengkapan kesehatan ini diharapkan berkontribusi dalam upaya perketatan protokol kesehatan selama masyarakat bepergian pada momen Natal dan Tahun Baru.

Selain di Jakarta dan Banten, paket perlengkapan penunjang protokol kesehatan ini juga dibagikan di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi (Jatim), Rest area KM 72 tol Cipali, dan Jembatan Timbang Balong Gandu Karawang, Jabar.

Baca juga: Menhub: Pergerakan masyarakat masa Natal dan Tahun Baru sesuai prokes

Baca juga: Dishub Surabaya tunggu evaluasi Kemenhub soal operasional bus BTS

Baca juga: Kemenhub catat peningkatan jumlah penumpang angkutan umum 10,71 persen
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022