Ada laporan kerusakan 38 unit rumah di Desa Pandansarilor, Kecamatan Jabung. Saat ini masih dilakukan pendataan oleh tim
Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Angin Kencang dan hujan deras yang mengguyur wilayah Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu atau Malang Raya pada Jumat menyebabkan puluhan rumah mengalami kerusakan dan pohon tumbang di sejumlah titik di wilayah tersebut.

Pelaksana Tugas (Plt) Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang Sadono Irawan di Kabupaten Malang, Jumat, mengatakan setidaknya ada 38 rumah warga di Desa Pandansarilor, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang rusak akibat hujan deras dan angin kencang.

"Ada laporan kerusakan 38 unit rumah di Desa Pandansarilor, Kecamatan Jabung. Saat ini masih dilakukan pendataan oleh tim BPBD Kabupaten Malang, masih di lapangan," kata Sadono.

Baca juga: BMKG Malang beri penjelasan soal fenomena hujan es

Sadono menjelaskan, dari total sebanyak 38 rumah yang mengalami kerusakan akibat hujan deras disertai angin kencang yang terjadi pada pukul 13.00 WIB tersebut, sebanyak satu unit rumah rusak berat, empat rusak sedang dan sisanya rusak ringan.

Menurutnya, dari total 38 unit rumah yang rusak itu berdampak kepada kurang lebih 154 keluarga. Sementara jumlah kerugian, diperkirakan sebesar Rp22,5 juta. Perbaikan sementara sudah dilakukan oleh tim BPBD Kabupaten Malang dan elemen terkait termasuk warga.

Selain itu, lanjutnya, rumah rusak akibat hujan deras disertai angin kencang juga dilaporkan terjadi di Desa Tawangargo, Kecamatan Karangploso. Di desa tersebut, ada dua rumah yang dilaporkan mengalami kerusakan.

Baca juga: Kabupaten Malang diguyur hujan abu vulkanik letusan Gunung Semeru

"Satu rumah rusak berat dan satu lainnya rusak ringan. Kerugian diperkirakan Rp200 juta. Saat ini dilakukan koordinasi untuk pembersihan dan pemotongan pohon tumbang," katanya.

Sementara di wilayah Kota Malang, BPBD Kota Malang mencatat ada sebanyak 12 pohon tumbang yang salah satunya menyebabkan adanya korban luka-luka. Selain itu juga dua bangunan yang mengalami kerusakan.

"Terjadi cuaca ekstrem untuk wilayah Kota Malang yakni hujan lebat disertai angin kencang, ada puluhan pohon tumbang, yang salah satunya menyebabkan korban luka," kata Kepala BPBD Kota Malang Alie Mulyanto.

Baca juga: Hujan deras akibatkan sejumlah titik di Kota Malang banjir

Alie menjelaskan kejadian bencana pohon tumbang terjadi di Jalan Letjend Sutoyo Kecamatan Klojen, Jalan Bandung Kecamatan Klojen, Jalan Industri Barat Kecamatan Blimbing, Jalan Bungur Kecamatan Lowokwaru dan Jalan Yulius Usman Kecamatan Klojen.

Pohon tumbang juga terjadi di Jalan Nusakambangan, Jalan Ade Irma Suryani, Jalan Kedondong Kecamatan Klojen, di sekitar Pasar Madyopuro Kecamatan Kedungkandang, Taman indragiri Kecamatan Blimbing dan Jalan Bunga Truli Kecamatan Lowokwaru.

"Kemudian di depan Kantor Pos Gadang, Kecamatan Sukun. Ada korban luka, seorang pengendara," katanya.

Baca juga: BMKG: Banjir bandang di Kota Batu akibat hujan intensitas ekstrem

Sementara itu, di wilayah Kota Batu, juga dilaporkan terjadi bencana pohon tumbang yakni di Jalan Raya Punten Kecamatan Bumiaji dan Jalan Sultan Agung Kecamatan Batu, Kota Batu. Pohon tersebut tumbang akibat hujan dan angin kencang.

"Hujan dengan intensitas tinggi dan disertai angin kencang, mengakibatkan sejumlah pohon tumbang di beberapa lokasi. Kejadian kurang lebih pada pukul 13.00 WIB," kata Kepala BPBD Kota Batu, Agung Sedayu.

Para pengguna jalan dan masyarakat diminta untuk meningkatkan kewaspadaan pada saat berkendara, terutama pada saat terjadi hujan dengan intensitas tinggi dan disertai angin kencang.

Baca juga: Banjir rendam 37 rumah warga di Bangka Tengah

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021