Kami akan cek juga apakah Pelindo sudah bersurat untuk peninggian, nanti dipastikan
Jakarta (ANTARA) - Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim mengatakan tanggul-tanggul di kawasan dermaga dan muara Jakarta Utara perlu segera ditinggikan untuk memaksimalkan penanganan rob di wilayah itu.

Secara khusus, Ali menyoroti ketinggian tanggul di Pelabuhan Sunda Kelapa yang menyebabkan limpasan air laut saat pasang masuk sampai ke pemukiman warga RW 08 Ancol, Pademangan, Jakarta Utara.

"Kami akan cek juga apakah Pelindo sudah bersurat untuk peninggian, nanti dipastikan, karena ini kan harus ada inisiatif juga dari Pelindo untuk meninggikan dermaga dari Sunda Kelapa ini," kata Ali saat ditemui di Kantor Wali Kota Jakarta Utara pada Selasa.

Baca juga: Potensi kenaikan air laut tertinggi di Jakut pada Kamis dan Sabtu

Ali menambahkan ada juga tanggul dermaga yang dikelola Pelindo sempat mengalami kebocoran. Namun setelah dicek Senin (6/12), akhirnya ada perbaikan.

"Tanggulnya sudah ada, tapi tanggul lamanya itu, bagian bawahnya kurang kuat, jadi ada kebocoran. Kemarin sudah kami cek, memang ada perbaikan. Itu sedikit, yang besar itu memang di Dermaga Sunda Kelapa," kata Ali.

Baca juga: Warga terdampak rob bakal direlokasi ke rusun

Selebihnya, adalah tanggul di kawasan muara Penjaringan, yakni Kamal Muara, Kapuk Muara, Pluit, serta di Pademangan, yakni di RW08 Ancol, kalau di Cilincing, terdapat di Marunda.

"Selebihnya adalah daerah-daerah Muara, yang memang tanggulnya belum ditinggikan. Ini menyambung dengan tanggul yang sedang dibuat. Jadi kalau ini sudah dikerjakan, saya kira, rob sudah bisa ditangani secara maksimal," kata Ali.

Baca juga: DKI lanjutkan pembangunan tanggul di pesisir antisipasi banjir rob

Baca juga: BMKG minta warga waspadai rob di Medan Utara hingga 8 Desember

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021