Virus yang sama tentu akan punya sifat yang sama
Jakarta (ANTARA) - Juru Bicara Pemerintah untuk COVID-19 dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru Reisa Broto Asmoro mengatakan pola makan dengan gizi seimbang dapat membantu seseorang memerangi varian COVID-19 terbaru, yakni Omicron.

“Jadi pada dasarnya, untuk memenuhi kebutuhan vitamin baik untuk menjaga kesehatan maupun daya tahan tubuh dengan panduan Kemenkes yang sudah lama kita dengar yakni konsumsi gizi seimbang,” kata dia dalam Siaran Sehat Bersama Dokter Reisa bertajuk "Waspada Varian Omicron, Tetap Jaga Protokol Kesehatan" yang diikuti secara daring di Jakarta, Senin.

Ia menuturkan selain menjaga pola asupan gizi seimbang melalui makanan-makanan yang bergizi, suplementasi vitamin diperlukan bagi seseorang yang memiliki kekurangan asupan vitamin tertentu.

Baca juga: AP I perketat kedatangan internasional untuk antisipasi Varian Omicron

Hal tersebut dikarenakan tak semua orang mengalami defisiensi vitamin yang sama. Dengan menjaga gizi seimbang dan mengonsumsi vitamin, maka tubuh dapat terjaga dari virus SARS-CoV-2.

Ia mengatakan supaya dapat menjaga tubuh dengan lebih optimal, maka diharapkan semua masyarakat dapat mengimbanginya dengan protokol kesehatan seperti menjalankan vaksinasi yang dapat meningkatkan imun dalam tubuh.

Sebab, meskipun varian dari virus itu bertambah, virus tersebut akan memiliki sebuah kesamaan sifat.

Oleh sebab itu, katanya, perlu adanya ikhtiar lebih untuk menangkal varian-varian baru yang berkembang saat ini.

“Kalau sudah baik dan disertai dengan protokol kesehatan seperti vaksinasi, maka dapat terjaga dari penyakit SARS-CoV-2. Virus yang sama tentu akan punya sifat yang sama,” ucap dia.

Baca juga: Waspada Omicron, vaksinasi kelompok rentan dan anak-anak digencarkan
Baca juga: Presiden perintahkan vaksinasi booster disiapkan untuk Januari 2022

 

Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2021