Ini alasan pameran harus diapresiasi dan terus dikembangkan secara maksimal
Yogyakarta (ANTARA) - Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti berharap para penyandang disabilitas di Tanah Air mendapat ruang apresiasi untuk menampilkan berbagai karya mereka.

LaNyalla saat melakukan kunjungan kerja di Yogyakarta, Jumat, mengapresiasi pelaksanaan pameran karya seni penyandang disabilitas yang berlangsung di Serang, Banten.

"Pameran karya seni penyandang disabilitas ini sangat bagus. Karena penyandang disabilitas dapat berdiri sendiri dengan diberikan ruang untuk berekspresi. Pameran merupakan salah satu ruang ekspresi yang dapat menampilkan karya-karya mereka," kata dia.

Senator asal Jawa Timur itu mengatakan dengan diberikan ruang untuk berekspresi penyandang disabilitas akan mampu menunjukkan kemampuannya dalam berkreasi dan hidup mandiri.

"Ini alasan pameran harus diapresiasi dan terus dikembangkan secara maksimal. Jadi penyandang disabilitas tidak lagi menjadi beban keluarga tetapi dapat hidup normal," ujar dia.

LaNyalla juga mendorong pameran karya seni berupa seni kriya, lukisan, hingga pakaian yang yang di gelar Himpunan Mahasiswa Pendidikan Khusus (PKh) Untirta, Serang, Banten dijadikan media dan kegiatan yang berkesinambungan.

"Karena, kegiatan ini sangat membantu para penyandang disabilitas untuk menemukan kreativitasnya," kata dia.

Baca juga: Presiden Jokowi ucapkan selamat Hari Disabilitas Internasional 2021

Baca juga: Angkie: Pendataan jadi masalah yang dihadapi disabilitas saat pandemi

Baca juga: Anggota DPR minta semua pihak beri perhatian lebih untuk disabilitas

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2021