Dekranasda Sukamara dorong peningkatan kemampuan perajin lokal

id dekranasda sukamara

Dekranasda Sukamara dorong peningkatan kemampuan perajin lokal

Ketua TP PKK yang juga Ketua Dekranasda Sukamara Situ Zulaiha Windu Subagio mendampingi Ketua TP PKK Kalteng Yulistra Ivo Azhari Sugianto Sabran saat berkunjung ke Sukamara, Rabu (13/10/2021). ANTARA/Instagram/promkes_dinkes_sukamara

Sukamara (ANTARA) - Dekranasda Sukamara, Provinsi Kalimantan Tengah terus mendorong kemampuan perajin lokal anggotanya agar bisa meningkatkan kualitas produk sehingga mampu bersaing di pasar.

"Kami melakukannya dengan memberikan pelatihan sehingga dapat menghasilkan produk berkualitas yang mampu bersaing dengan produk luar daerah," kata Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Sukamara Siti Zulaiha di Sukamara, Minggu.

Menurutnya, potensi sumber daya alam untuk dijadikan produk kerajinan, masih cukup besar. Untuk itu  SDM perajin lokal perlu terus ditingkatkan agar bisa memanfaatkan potensi sumber daya alam yang ada serta meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan.

Banyak potensi kerajinan daerah yang dimiliki seperti kerajinan kerang, anyaman tumbuhan dan potensi lainnya yang harus digali dan dikembangkan lagi. Tujuannya tentu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kerajinan lokal tidak hanya terkait masalah ekonomi dan peningkatan kesejahteraan, tetapi juga mengangkat hal-hal positif seperti ciri khas budaya daerah. Untuk itu semua pihak perlu mendukung dan membantu pengembangan kerajinan daerah.

Semakin meningkat kemampuan perajin maka akan semakin berkualitas produk yang dihasilkan sehingga mampu bersaing di pasaran. Ini akan berpengaruh terhadap penjualan produk-produk kerajinan daerah.

Dekranasda berupaya memaksimalkan potensi kerajinan daerah di Kabupaten Sukamara. Tumbuhnya para perajin maka dapat memacu perekonomian masyarakat melalui produk yang dihasilkan.

Dekranasda akan mendatangkan tenaga ahli kerajinan untuk melatih para perajin di Sukamara. Hasil kerajinan akan ditampung pada galeri kerajinan yang akan dibangun dan disiapkan Dekranasda sebagai upaya membantu pemasaran.

“Selama ini keluhan kerajinan adalah pemasaran, maka dengan adanya pelatihan dan galeri akan membantu mereka,” tandas Siti Zulaiha.

Upaya ini diharapkan menjadi perhatian dan mendapatkan hasil yang terbaik. Sektor kerajinan lokal diharapkan mampu turut mengangkat kesejahteraan masyarakat.
Baca juga: Pemkab Sukamara dan BRGM rehabilitasi mangrove kritis
Baca juga: Bupati Sukamara ingatkan masyarakat godaan investasi bodong
Baca juga: Bundaran berkonsep ruang terbuka hijau akan jadi ikon baru Sukamara

Pewarta : Muhammad Yusuf/ Norjani/rls
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar