tempat penampungan untuk tingkat pengungsi relatif memadai
Putussibau, Kapuas Hulu (ANTARA) - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) Mayjen TNI Suharyanto menyatakan kondisi banjir di Sintang hingga saat ini belum sepenuhnya surut mengingat rata-rata banjir masih 80 sentimeter.

"Kondisi terakhir air sudah mulai surut, walau pun belum tuntas, sekarang rata-rata masih 80 sentimeter," kata Mayjen TNI Suharyono, ketika meninjau kondisi banjir di Sintang Kalimantan Barat, Sabtu.

Suharyono melihat langkah-langkah yang diambil Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sintang bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sintang dalam penanganan banjir sudah strategis dan betul.

Menurut dia, penanganan banjir baik tingkat pusat dan provinsi juga sudah dilaksanakan, bantuan kebutuhan dasar, pengungsi, kesehatan, alat peralatan sudah bisa dioperasionalkan dan sudah diterima.

"Kami datang untuk memastikan itu dan tadi pun kebutuhan yang masih diperlukan untuk penanganan selanjutnya akan segera diberikan, itu jangka pendek," ucap Suharyono.

Sedangkan untuk jangka menengah dan panjang, kata dia, akan dirumuskan langkah-langkah untuk menindaklanjuti di daerah hulu, penanganan tidak sampai di situ saja, penanganan akan terus dilaksanakan agar kejadian banjir seperti itu tidak terulang.

Dikatakan Suharyono, kondisi pengungsi secara fisik serba keterbatasan, tetapi jika di lihat dapur umum, tempat penampungan untuk tingkat pengungsi relatif memadai, logistik cukup, tenaga kesehatan lengkap dan banyak relawan ada pemerintah daerah dan pusat juga yang turun.

"Kami juga tadi menyerahkan bantuan untuk terselenggaranya keberlanjutan logistik para pengungsi, dari pancaran sinar mata dialog, mereka secara mental tidak mengalami kesedihan yang mendalam, banyak yang bercanda dan tertawa-tawa, itu kondisi di Sintang," kata Suharyono.

Usai melihat kondisi perkembangan banjir di Sintang Kalimantan Barat, Suharyono juga akan melihat kondisi banjir yang terjadi di Palangkaraya Kalimantan Tengah.
Baca juga: BNPB minta pemda pastikan kebutuhan logistik korban banjir tercukupi
Baca juga: Kepala BNPB Suharyanto tinjau banjir di Kalbar dan Kalteng
Baca juga: BNPB laporkan banjir Kabupaten Aceh Timur berangsur surut

Pewarta: Teofilusianto Timotius
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021