Kalau infrastruktur kita siap, artinya barang-barang kita juga akan menjadi terdistribusi lebih baik dan bisa menjadi lebih murah
Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan keberadaan Jalan Tol Serang-Panimbang akan memperbaiki jaringan logistik, karena memudahkan distribusi barang di wilayah tersebut.

"Kalau infrastruktur kita siap, artinya barang-barang kita juga akan menjadi terdistribusi lebih baik dan bisa menjadi lebih murah. Artinya infrastruktur ini akan memperbaiki jaringan logistik," ujar Presiden Jokowi saat meresmikan Jalan Tol Serang-Panimbang Seksi 1 Ruas Serang-Rangkasbitung, yang dibangun PT Wijaya Karya (WIKA) bersama konsorsium, di Serang, Banten, Selasa.

Presiden Jokowi mengatakan infrastruktur adalah fondasi bagi Indonesia untuk bersaing dengan negara-negara lain. Dia menegaskan tidak mungkin sebuah negara bisa melampaui negara lain jika index competitiveness lebih rendah.

Baca juga: Presiden Jokowi resmikan Tol Serang-Panimbang seksi I

"Artinya yang kita kejar adalah daya saing kita. Karena apapun, tanpa infrastruktur barang-barang yang ada ini harganya akan lebih tinggi, itulah yang kita kejar," ujar dia.

Pembangunan Jalan Tol Serang-Panimbang dilaksanakan konsorsium PT WIKA bersama PT Pembangunan Perumahan (PTPP) dan PT Jababeka.

Jalan tol Serang-Panimbang memiliki panjang 83,677 km. Porsi konsorsium dalam pembangunan ini adalah sepanjang 50,677 km yang terdiri dari Seksi 1 Ruas Serang-Rangkasbitung sepanjang 26,5 km dan Seksi 2 Ruas Rangkasbitung-Cileles 24,1 km.

Sementara sisanya 33 km di ruas Cileles-Panimbang akan menjadi porsi pemerintah.

Baca juga: 11 bank biayai Jalan Tol Serang-Panimbang Rp6 triliun

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021