Tamansari jadi satu-satunya kecamatan zona hijau COVID-19 di Jakbar

id zona hijau jakarta

Tamansari jadi satu-satunya kecamatan zona hijau COVID-19 di Jakbar

Warga antre untuk vaksinasi COVID-19 di Masjid Al Hikmah, Pondok Labu, Cilandak, Jakarta Selatan, Minggu (22/8/2021). Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebutkan saat ini Jakarta sudah berada dalam zona hijau setelah adanya penurunan angka kasus aktif COVID-19 serta seiring dengan meningkatnya pelaksanaan vaksinasi sehingga memenuhi kekebalan kelompok. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/foc.

Jakarta (ANTARA) - Kecamatan Taman Sari hingga saat ini menjadi satu-satunya wilayah di Jakarta Barat dengan status zona hijau COVID-19.

"Yang zona hijau itu Kecamatan Taman Sari. Capaian vaksinnya sudah 80 persen," kata Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat Kristy Wathini saat dikonfirmasi, di Jakarta, Kamis.

Menurut Kristy, predikat zona hijau hanya untuk kecamatan yang capaian vaksinasi sudah mencapai atau di atas 80 persen dari warga target vaksin.

Namun demikian, Kristy belum bisa merinci jumlah warga Kecamatan Taman Sari yang sudah menerima dosis vaksin.

Baca juga: Wagub sebut DKI Jakarta sudah masuk zona hijau

Pemerintah Kota Jakarta Barat memang sudah memaksimalkan capaian vaksin delapan kecamatan dan 56 kelurahan di daerah itu.

Alhasil, kekebalan komunal warga meningkat dan jumlah kasus COVID-19 pun bisa ditekan.

Tercatat dari delapan kecamatan, hanya kecamatan Taman Sari sudah berstatus zona hijau, ditambah 10 dari 56 kelurahan yang juga sudah berstatus zona hijau.

Sebelumnya, pihak Kecamatan Cengkareng juga tengah mengejar target menjadi zona hijau COVID-19.

Baca juga: 15 kecamatan di DKI capai 100 persen vaksinasi dosis pertama

Di Cengkareng saat ini ada 456.111 orang atau 72,80 persen yang sudah disuntik vaksin.

"Jadi,  perlu delapan persen lagi untuk mencapai 80 persen," kata Camat Cengkareng, Ahmad Faqih, Cengkareng, Jakarta Barat, Selasa (28/9).

Menurut Faqih, setiap kelurahan di Kecamatan Cengkareng saat ini melakukan upaya memaksimalkan program vaksinasi untuk segera tercapai target 80 persen.

"Dalam upaya memaksimalkan pelaksanaan vaksinasi tersebut, kami juga bekerja sama dengan TNI, Polri dan swasta untuk turut berpartisipasi melaksanakan vaksinasi," katanya.

Baca juga: Di Jakarta Barat ada satu kecamatan zona hijau

Faqih menjelaskan, setiap satu persen penambahan capaian vaksinasi, setara dengan penyuntikan vaksin kepada 4.526 orang warga, sehingga untuk mencapai kekurangan delapan persen, maka harus menyuntikkan vaksin kepada 36.208 orang warga yang belum divaksin.

Pewarta : Walda Marison
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar