Saya optimistis kontingen kita dapat masuk peringkat 10 besar
Serang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Banten mengalokasikan anggaran sebesar Rp12 miliar melalui hibah KONI untuk bonus bagi atlet yang meraih medali pada perhelatan PON XX Papua.

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy  optimistis kontingen Banten dapat masuk peringkat 10 besar pada PON XX Papua.

"Saya optimistis kontingen kita dapat masuk peringkat 10 besar," kata Andika di Serang, Bnaten, Senin.

Baca juga: Desi Sinta sumbang emas Banten dari gulat gaya bebas 68 kg

Optimisme tersebut, kata Andika, didasarkan kepada klasemen kontingen Banten sendiri saat ini memang sudah masuk 10 besar dan terus bertahan di posisi tersebut dalam beberapa hari terakhir ini.

Selain itu, lanjutnya, masih ada sejumlah cabang olahraga di mana atlet Banten akan masuk babak final dalam beberapa hari ke depan.

"Kalau tidak salah ada 5 cabor yang hari ini dan besok akan berlaga di final, termasuk gulat dan layar," kata Andika.

Baca juga: Atlet layar Banten dan Kepri bukukan emas kedua layar PON Papua

Terkait bonus, menurut Andika, Pemprov Banten telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp12 miliar untuk bonus atlet dan pelatih yang meraih medali pada PON XX Papua ini.

"Kita alokasikan dari APBD kita itu di pos hibah ke KONI Banten, bagian dari pembinaan atlet di Banten," katanya.

Andika mengatakan Pemprov Banten melalui KONI Banten selanjutnya akan melakukan evaluasi atas hasil dari PON XX Papua ini.

Baca juga: Menkes: 83 kasus COVID-19 teridentifikasi di PON Papua

"Tentu evaluasi akan kita lakukan untuk hasil PON kali ini. Nanti akan ada pembinaan-pembinaan kaitan pengembangan prestasi atlet-atlet kita ke depan," katanya.

Untuk diketahui, klasemen sementara perolehan medali PON XX Papua 2021 hingga Senin 11 Oktober 2021 pukul 12.00 WIB masih menempatkan Jawa Barat di posisi puncak.

Jawa Barat total sudah meraih 227 medali. Rinciannya, kontingen dari Jawa Barat sudah meraih 85 medali emas, 68 perak, dan 74 perunggu. Di posisi kedua, Jawa Timur dengan 74 medali emas, 63 perak, dan 57 perunggu.

Baca juga: Luhut klaim pelaksanaan PON Papua tak sebabkan lonjakan kasus COVID-19

Sementara itu, posisi ketiga di PON XX Papua 2021 diisi oleh DKI Jakarta. Kontingen dari DKI Jakarta sudah mengemas 202 medali sejauh ini, di mana 71 di antaranya merupakan emas.

Banten sementara turun ke peringkat 12 setelah sebelumnya sempat bertengger di posisi 10. Banten berada di bawah NTB dan Lampung, mengantongi 7 medali emas, 9 medali perunggu dan 1 medali perak.

Baca juga: KONI Tangerang motivasi dan dukung para atlet berlaga di PON Papua

Pewarta: Mulyana
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021