Papua (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) RI Mahfud MD bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meninjau langsung kesiapan pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Provinsi Papua.

"Kami melakukan pengecekan terakhir kesiapan dari panitia dan semua berjalan dengan baik," kata Menkopolhukam Mahfud MD mengutip dari laman resmi InfoPublik di Papua, Kamis.

Pengecekan tersebut untuk memastikan kesiapan pembukaan PON XX yang direncanakan dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo pada Sabtu (2/9).

Dalam keterangannya, eks Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) tersebut mengatakan kesiapan panitia untuk acara pembukaan PON di Bumi Cenderawasih sudah siap 100 persen.

Baca juga: Panitia pastikan kesiapan dan persiapan upacara pembukaan PON Papua

Menurut Mahfud, sisi keamanan kegiatan pembukaan PON Papua sudah disiapkan dengan baik. Kemudian, masyarakat dan undangan yang akan menghadiri kegiatan pembukaan akan diperiksa secara ketat oleh petugas keamanan.

"Mulai pemeriksaan identitas hingga mengecek barang bawaan seperti tas dan lainnya," katanya.

Sementara itu, Ketua Harian PB PON Papua Yunus Wonda mengatakan pengisi acara pada pembukaan PON di Stadion Lukas Enembe akan lebih banyak melibatkan anak-anak Papua.

Baca juga: Upacara pembukaan PON akan tunjukkan keindahan alam Papua

"Untuk penari 100 persen adalah talenta-talenta lokal Papua," kata dia.

Terakhir, Yunus mengajak masyarakat dan para undangan yang akan masuk mengikuti pembukaan PON, agar tetap memerhatikan protokol kesehatan termasuk persyaratan yang ditetapkan oleh panitia.

"Protokol kesehatan penting, siapa pun yang masuk wajib harus sudah divaksin dua kali," ujarnya.

Baca juga: Panglima TNI dan Kapolri tinjau pengamanan PON XX jelang pembukaan

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021