Gorontalo raih anugerah Prahita Ekapraya dari Kementerian PPPA

id keadilan gender,pemprov,gorontalo,wagub,penghargaan,Kementerian PPPA,Parahita Ekapraya

Gorontalo raih anugerah Prahita Ekapraya dari Kementerian PPPA

Wagub Gorontalo Idris Rahim menerima piagam dan trofi penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya Kategori Pratama tahun 2020 untuk Pemprov Gorontalo, Senin (27/9/2021). ANTARA/HO-Kominfo/am.

Gorontalo (ANTARA) - Provinsi Gorontalo meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya Kategori Pratama tahun 2020 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA)

“Kami bangga komitmen Pemerintah Provinsi Gorontalo dalam menggerakkan pengarusutamaan gender mendapat apresiasi dari Kementerian PPPA,” kata Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim saat menerima piagam penghargaan dan trofi di Gorontalo, Senin.

Anugerah Parahita Ekapraya merupakan penghargaan yang diberikan kepada kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah yang telah berkomitmen mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui strategi pengarusutamaan gender (PUG).

Wagub menjelaskan dalam pelaksanaan program pembangunan Pemprov Gorontalo senantiasa mewujudkan pengarusutamaan gender.

Menurutnya hal itu berdasarkan arahan Presiden Joko Widodo agar pemerintah daerah harus meningkatkan pemberdayaan perempuan dalam kewirausahaan, meningkatkan peran ibu dan keluarga dalam pendidikan dan pengasuhan anak.

Hal lainnya yakni menurunkan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak, menurunkan angka pekerja anak, serta mencegah perkawinan anak di bawah umur.

Ia menilai kesetaraan dan keadilan gender, idealnya diterapkan pada semua bidang dengan mendorong peran-peran perempuan.

Keadilan gender tersebut juga bukan hanya menjadi tanggungjawab para perempuan, namun harus menjadi perhatian seluruh pihak dalam penyelenggaraan pembangunan.

“Mari kita bekerja sama, berkreasi, berkolaborasi, bahu membahu agar perempuan dan anak Indonesia aman, mandiri, bermartabat, dan berkualitas. Jika perempuan berdaya dan anak terlindungi, masa depan bangsa ini juga akan lebih baik,” demikian Idris Rahim.

Baca juga: Menteri PPPA tekankan pentingnya kesetaraan gender mulai dari desa

Baca juga: Pendonor darah 100 kali dapat hadiah umrah di Gorontalo

Baca juga: Film Budaya Gorontalo Raih Penghargaan Khusus FFB

Baca juga: RS Ainun Habibie raih penghargaan kinerja terbaik dari BPJS Kesehatan


 


Pewarta : Debby H. Mano
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar