Angkasa Pura I berupaya sebaik mungkin dalam menyiapkan skenario penyambutan kedatangan para peserta PON XX Papua sehingga arus kedatangan para peserta dan kontingen PON XX dapat berjalan lancar
Jakarta (ANTARA) - Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi mengatakan perseroan terus berupaya menyiapkan fasilitas transportasi untuk mendukung penyelenggaraan PON XX.

"Angkasa Pura I berupaya sebaik mungkin dalam menyiapkan skenario penyambutan kedatangan para peserta PON XX Papua sehingga arus kedatangan para peserta dan kontingen PON XX dapat berjalan lancar," kata Faik Fahmi dalam keterangannya  di Jakarta, Sabtu.

Faik Fahmi mengatakan, AP I menyediakan fast track atau jalur khusus kedatangan bagi peserta PON yang menggunakan penerbangan reguler.

Kedatangan para peserta bisa langsung menuju Posko PON XX yang berada di selasar Bandara Sentani.

Setelah peserta dan kontingen melakukan registrasi di Posko PON, kemudian langsung naik bus menuju Stadion Barnabas Youwe.

Sedangkan untuk kontigen yang menggunakan penerbangan khusus maka peserta dan kontingen PON akan dijemput langsung menggunakan bus menuju Stadion Barnabas Youwe, di mana proses validasi dan administrasi dilakukan sehingga terpisah dari penumpang umum.

Untuk menambah kenyamanan Bandara Sentani, kata Faik Fahmi, AP I juga melakukan beautifikasi terminal penumpang dan memasang ornamen nuansa PON XX sehingga semarak PON XX sangat terasa di tengah wajah Bandara Sentani Jayapura yang lebih segar.

Adapun beautifikasi terminal dilakukan dengan mengatur ulang lay out area komersial dan merenovasi interior dengan mengadopsi kearifan lokal batik dan motif ukir khas Sentani.

"Selain beautifikasi terminal penumpang, juga dilakukan pelapisan landas pacu (tapering) untuk meningkatkan kekuatan landas pacu sehingga pesawat Boeing B737 800 NG dan Boeing B737 900ER dapat mendarat mulus, dan perbaikan apron, serta perbaikan taxiway," ujarnya.

Ia menambahkan, AP I juga turut mempromosikan PON XX Papua melalui penayangan materi promosi PON XX Papua di media luar ruang yang terdapat di 15 bandara Angkasa Pura I.

AP I juga menyediakan area khusus eksibisi bagi kegiatan branding dan promosi PON XX Papua di tiga bandara, yaitu Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Bandara Sentani Jayapura, dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar.

Selain melalui media luar ruang di seluruh bandara Angkasa Pura I, promosi PON XX Papua juga dilakukan di media komunikasi perusahaan seperti situs web dan media sosial Angkasa Pura I.

Ia menyebut, sejak 19 September lalu peserta dan kontingen PON XX dari berbagai daerah di Indonesia sudah mulai berdatangan, di mana jumlah total kedatangan kontingen sejak 19 hingga 24 September sebanyak 2.209 orang, 51 pesawat, dan 2.020 kg.

"Selamat datang bagi peserta dan panitia PON XX 2021 di Bandara Sentani Jayapura. Semoga proses kedatangan di Bandara Sentani nyaman dan penyelenggaraan PON XX Papua berjalan aman dan lancar. Selamat bertanding," kata Faik Fahmi.

Baca juga: Bandara AP I catat satu juta trafik penumpang pada Agustus 2021

Baca juga: Tiga Bandara AP I terima penghargaan di Asia Pasifik

 

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2021