Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 16 tim esport PUBG Mobile bakal berlaga pada grand final eksibisi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua secara offline dengan protokol kesehatan ketat di Jakarta, 23-24 September setelah menjalani kualifikasi.

Berdasarkan keterangan resmi PUBG Mobile, Kamis, kualifikasi dan Pra PON berlangsung 14 September dan tercatat 4.916 tim yang terdiri dari kurang lebih 19.664 atlet  dari 33 Provinsi seluruh Indonesia terlibat pada kegiatan tersebut.

Adapun 16 tim yang berhak lolos grand final diantaranya berasal dari DKI Jakarta, Bali, Maluku, Bengkulu, Riau, Jambi, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Kalimantan Selatan, Jawa Tengah, Banten, Maluku Utara, Kepulauan Bangka Belitung dan Papua.

"Kalian juga bisa menyaksikan pertandingannya dan mendukung tim dari provinsi kalian secara langsung dari PUBG Mobile YouTube Channel," tulis PUBG Mobile.

Baca juga: Super Esports Series 2021 hadirkan kompetisi PES dan PUBG Mobile

Eksibisi esport PON Papua resmi dibuka secara seremonial di Papua, Selasa (21/9) dan dalam laporannya Ketua SC Eksibisi Esport PON XX Papua Frengky Ong mengaku bangga dimulainya babak final yang akan menjadi tonggak sejarah baru dan ajang menunjukkan prestasi bagi para talenta esport terbaik Tanah Air.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang juga Pembina PBESI Sandiaga Salahuddin Uno mengajak semua atlet esport tampil maksimal dengan menunjukkan kebolehan mereka dan mengharumkan nama Indonesia.

“Kami mencatat revenue industri game tahun 2019 mencapai 1,3 juta USD dan menjadi 1,8 juta USD pada tahun 2020, naik 33 persen dalam satu tahun. Selain itu pertandingan cabor PUBG MOBILE pada tahap Pra-PON berhasil menjadi trending di berbagai platform sosial media, dengan penonton mencapai lebih dari 5 juta di YouTube dan Facebook, peak viewers mencapai 41,920 dan total engagement Facebook 50+ ribu. Sekali lagi membuktikan potensi industri game yang luar biasa dan semakin terakselerasi," kata dia.

Eksibisi esport mempertandingkan empat kategori yaitu PUBG Mobile, Free Fire, Mobile Legends dan Pro Evolution Soccer (PES) 2021. PUBG Mobile diikuti oleh 19.664 atlet dari 4.916 tim, Free Fire diikuti oleh 13.608 atlet dari 3.402 tim, Mobile Legends diikuti oleh 11.985 atlet dari 2.397 tim, sedangkan PES 2021 diikuti oleh 3.838 atlet.

Baca juga: PUBG Mobile lakukan pembaharuan permainan di versi 1.6

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2021