Target kita di PON Papua 2 emas dan medali diharapkan dari semua nomor
Mataram (ANTARA) - Pengurus Persaudaraan Shorinji Kempo Indonesia (Perkemi) Nusa Tenggara Barat menargetkan meraih dua medali emas di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang berlangsung pada 2-15 Oktober 2021.

"Target kita di PON Papua 2 emas dan medali diharapkan dari semua nomor," kata Ketua PERKEMI NTB, Ibnu Salim di Mataram, Sabtu.

Ia mengatakan, jumlah atlet karate yang dikirim mewakili NTB di PON Papua, sebanyak delapan orang. Mereka akan bertanding di enam nomor yang dipertandingkan.

Yakni, embu pasangan yudhansa putra dan putriI, embu pasangan kyu kenshi putra, embu pasangan kyu kenshi putri, dan embu campuran kyu kenshi. Kemudian, randori putra kelas 65kg dan randori putri kelas 60kg.

"Mereka mulai bertanding pada tanggal 9 -13 Oktober," ujar Inspektur pada Inspektorat Provinsi NTB ini.

Abah Ibnu sapaan akrabnya menyatakan, untuk keberangkatan atlet sendiri dijadwalkan pada 4 Oktober 2021.

"Jadi seluruh kontingen karate sudah siap berangkat dan bertanding di Papua," imbuhnya.

Baca juga: Gubernur Zulkieflimansyah lepas kontingen PON NTB ke Papua
Baca juga: Kontingen NTB siap tempur hadapi PON Papua

Lebih lanjutnya, Abah Ibnu optimis dua medali emas akan dapat diraih atlet Kempo NTB, meski di PON Jawa Barat tahun 2016, NTB meraih satu medali perunggu dari Randori Putri.

"Kami optimis di PON Papua, atlet-atlet NTB dapat membuktikan dan membawa nama harum daerah meski di tengah keterbatasan," katanya.

Kontingen NTB pada PON XX Papua, berkekuatan 106 atlet, terdiri dari 66 atlet putra dan 40 atlet putri.

Di PON XX Papua, ke-106 atlet terbaik NTB dari 10 kabupaten/kota di NTB ini akan bertanding di 115 nomor dari 19 cabang olahraga yang diikuti. Dari 19 cabang olahraga itu, NTB menargetkan meraih 17 medali emas PON XX.

Baca juga: Kontingen NTB optimis raih 17 emas di PON XX Papua

"Target 17 emas itu diharapkan datang dari cabang olahraga atletik, tinju, muathai, tarung derajat, voli pasir, panjat tebing, karate dan kempo. Kita mengharapkan cabang olahraga lainnya juga akan berjuang untuk turut memberikan medali untuk NTB," ujar Ketua Kontingen PON NTB, Mori Hanafi.

Mori menyebutkan, 106 atlet dari 19 cabang olahraga yang diikuti NTB, terdiri dari Atletik 15 atlet, Panjat Tebing 9 atlet, Tarung Derajat 6 atlet, Futsal 14 atlet putra, Biliard1 atlet putra, Tinju 9 atlet, Voli Pasir 8 atlet.

Selanjutnya, Tenis Lapangan 8 atlet, Karate 2 atlet, Selam Laut 1 atlet, Taekwondo 1 atlet putri. Menembak 11 atlet, Kempo 8 atlet, Muaythai 1 atlet, Gantole 1 atlet, Renang 1 atlet, Pencak Silat 1 atlet, Catur 6 atlet, Balap Motor3 atlet, sehingga total 66 atlet.

Kontingen PON NTB berangkat secara bertahap. Untuk tahap pertama pada 20 September terdiri dari tim futsal sebanyak 23 orang.

"Tahap selanjutnya itu berangkat 23 September sampai seterusnya 7 Oktober," katanya.

Baca juga: Bali akan kerja keras wujudkan target empat emas kempo pada PON Papua
Baca juga: 121 atlet shorinji kempo se-Indonesia siap tampil di PON Papua
Baca juga: Aceh andalkan dua atlet putri raih medali emas kempo PON Papua

Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021