Jakarta (ANTARA) - Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan, Kemenhub, memperoleh penghargaan dari Perpustakaan Nasional/Perpusnas berupa Anugerah Serah Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam 2021 kepada Buletin Cakra Samodra yang diterbitkan Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang.

"Anugerah ini sebagai bentuk apresiasi bagi para penerbit yang telah melaksanakan mandat dari Undang-Undang No. 13 Tahun 2018 tentang Serah Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam," kata Wakil Direktur I PIP Semarang, Nasri MT dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Capaian prestasi tersebut, katanya, merupakan kerja keras seluruh jajaran manajemen PIP Semarang, Tim Redaksi Buletin Cakra Samodra, dan seluruh kontributor Buletin Cakra Samodra.

Baca juga: Kemenhub raih penghargaan pelayanan ramah kelompok rentan

Dia pun mengajak semua pihak terus meningkatkan kualitas Buletin Cakra Samodra sehingga bisa lebih banyak memberikan informasi yang bermanfaat bagi para pembaca.

Kepala Perpusnas RI, Muhammad Syarif Bando mengapresiasi kebijakan pengelola Perguruan Tinggi yang juga menerbitkan buletin yang telah menyerahkan karya-karya intelektual anak bangsa kepada Perpusnas sehingga dapat didokumentasikan untuk kepentingan masa depan.

“Perpustakaan Nasional harus memberikan penghargaan kepada putri-putra terbaik bangsa. Perpusnas harus menjadi jembatan yang sangat panjang dalam sejarah peradaban dan pembangunan ilmu pengetahuan," katanya.

Dikatakan, Bando, karya-karya yang tersimpan di perpustakaan akan menjadi jembatan ilmu pengetahuan yang sangat panjang dan menciptakan peradaban baru serta meningkatkan kualitas antarmanusia di masa datang.

“Parameter kemajuan bangsa ditandai stabilitas, kebahagiaan, dan ekonomi yang selalu dimulai dari nol. Buku dan media cetak memainkan peranan penting dalam meningkatkan kualitas antarmanusia melalui literasi,” katanya.


Baca juga: Kemenhub cetak SDM unggulan di PoIiteknik Ilmu Pelayaran Semarang

Baca juga: Kemenhub umumkan penghargaan untuk pendukung tol laut

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2021