Kendari (ANTARA) - Tim Kantor Pencarian dan Pertolongan atau Basarnas mengevakuasi nelayan korban kapal mati mesin di perairan Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Rilis Basarnas Kendari yang diterima di Kendari, Selasa menyebutkan kapal yang ditumpangi tiga orang nelayan mengalami musibah dalam pelayaran menuju Pelabuhan Wanci setelah mencari ikan di sekitar Karang Tomia.

Tiga orang nelayan selamat adalah La Ifu (33), La Masidi (32) dan La Mepa (35) sehari-hari bekerja sebagai nelayan pemanah ikan.

KPP Kendari menerima informasi musibah nelayan sekitar pukul 09.25 Wita dari keluarga korban Amirudin yang melaporkan bahwa pada pukul 08.00 Wita telah terjadi kecelakaan longboat yang mengalami mati mesin di sekitar perairan Karang Tomia Kabupaten Wakatobi.

Baca juga: Basarnas Kendari cari nelayan hilang korban kapal mati mesin
Baca juga: Basarnas selamatkan kapal nelayan di perairan Halsel


Berdasarkan laporan tersebut, pada pukul 09.45 Wita tim Rescue Pos SAR Wakatobi diberangkatkan menuju lokasi kejadian dengan menggunakan kapal cepat untuk memberikan bantuan SAR.

Jarak tempuh lokasi kejadian dengan pos SAR Wakatobi sekitar 18,8 NM

Pada pukul 10.55 wita, tim Rescue Pos SAR Wakatobi berhasil menemukan longboat beserta 3 orang kurang lebih 2,9 NM arah seberat barat dari perkiraan lokasi kejadian yang dilaporkan.

Selanjutnya tiga orang tersebut dievakuasi menuju Wanci dan tiba di Pelabuhan Marina Wanci pada pukul 11.40 Wita dalam keadaan selamat

Saat operasi penyelamatan cuaca cerah berawan dengan kecepatan angin 20 knot serta tinggi gelombang 1,25 - 2,5 meter

Unsur yang terlibat adalah tim dari Pos SAR Wakatobi 6 orang dan keluarga korban dua orang.

Pada 5 September 2021 pukul 15.00 Wita korban berangkat dari Wanci dengan menggunakan longboat pergi melaut untuk memanah ikan di sekitar Karang Tomia. Pada tanggal 7 September 2021 pada saat korban kembali dari Karang Tomia menuju Wanci sekitar pukul 08.00 Wita, longboat yang ditumpangi mengalami kendala dimana pipa minyaknya pecah sehingga menyebabkan mesin mati

Baca juga: Mesin kapal mati, Basarnas evakuasi lima nelayan
Baca juga: Kapal berpenumpang 25 orang mati mesin di Sumbawa
Baca juga: Basarnas evakuasi sembilan nelayan korban kapal mati mesin


Pewarta: Sarjono
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2021