Jakarta (ANTARA) - Tim nasional Ukraina ditahan imbang tuan rumah Kazakhstan dengan skor 2-2 dalam laga putaran keempat Grup D kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa di Stadion Astana Arena, Nur-Sultan, Rabu.

Penyerang muda Danylo Sikan sempat merestorasi keunggulan Ukraina pada menit ketiga injury time, namun tiga menit kemudian Ruslan Valiullin mencetak gol balasan lagi untuk tuan rumah demi memaksakan hasil imbang.

Ukraina masih nirmenang dalam empat pertandingan mereka dan duduk di posisi kedua Grup D dengan empat poin, sedangkan Kazakhstan (2) tak beranjak dari urutan keempat, demikian catatan laman resmi UEFA.

Dalam pertandingan ini, Ukraina didampingi Oleksandr Petrakov yang menjalankan peran pelatih interim selepas kepergian Andriy Shevchenko yang kontraknya habis awal bulan lalu.

Baca juga: Kontrak berakhir, Andriy Shevchenko tinggalkan timnas Ukraina

Ukraina memimpin cepat saat laga baru berusia dua menit saat Roman Yaremchuk melepaskan tembakan jarak jauh yang bersarang ke pojok kiri atas gawang tuan rumah.

Andriy Yarmolenko nyaris menggandakan keunggulan tersebut pada menit ke-25, sayang upayanya menyelesaikan umpan silang Vitaliy Buyalskiy masih membentur tiang gawang.

Kazakhstan baru mulai menemukan ritme serangan mereka pada 15 menit terakhir pertandingan, sayang upaya balasan Azat Nurgaliev dan Valiullin belum cukup untuk menaklukkan kiper Andriy Pyatov.

Tuan rumah yang terus lebih banyak tertekan akhirnya memetik hasil kegigihan mereka saat menyamakan kedudukan pada menit ke-74 kala umpan Askhat Tagybergen mampu diselesaikan dengan baik oleh Valiullin.

Pada menit ketiga injury time Ukraina tampaknya sudah memperoleh gol kemenangan saat Sikan memperdaya kiper Stas Pokatilov, tetapi tiga menit kemudian Valiullin mencetak gol balasan lagi memberikan raihan satu poin bagi Kazakhstan.

Kazakhstan selanjutnya akan menjalani dua laga tandang kontra di Finlandia pada Sabtu (4/9) dan Bosnia-Herzegovina tiga hari berselang.

Sedangkan Ukraina hanya memiliki satu sisa pertandingan di jendela kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa kali ini, yakni menjamu Prancis pada Sabtu (4/9).

Baca juga: Pelatih timnas Australia susun strategi permainan secara daring
Baca juga: Thierry Henry kembali asisteni Roberto Martinez di timnas Belgia
Baca juga: Mancini yakin Italia bisa semakin kuat sebelum Piala Dunia 2022

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021