Transfer dana nakes tersebut sesuai jumlah yang diterima dari BPPKAD Kabupaten Kudus
Kudus (ANTARA) - Direktur RSUD Loekmono Hadi Kudus Abdul Aziz Achyar menegaskan jika ada pemotongan insentif dana tenaga kesehatan (nakes) di RSUD itu bukanlah kebijakan direksi karena transfer dana tersebut langsung ke rekening masing-masing nakes tanpa pemotongan.

"Transfer dana nakes tersebut sesuai jumlah yang diterima dari Badan Pengelolaan Pendapatan, Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Kudus," ujarnya saat menggelar jumpa pers di Aula RSUD Loekmono Hadi Kudus menanggapi adanya pemeriksaan Polda Jateng terhadap nakes terkait dugaan pemotongan insentif nakes di Kudus, Senin.

Baca juga: 3.518 ibu hamil di Kudus jadi sasaran vaksinasi COVID-19

Dari hasil pemeriksaan secara internal, kata dia, memang ada iuran sukarela untuk berbagi kepada rekan kerja yang bukan kategori nakes penerima insentif. Sedangkan rekan yang tidak sesuai kriteria juga memiliki risiko kerja yang sama, seperti bagian kebersihan, pramusaji, portir dan laundry.

Ia mengungkapkan ide tersebut muncul karena inisiatif mereka sendiri untuk diberikan kepada nakes lain yang tidak menerima insentif.

"Prinsipnya mereka memang memiliki niat baik. Akan tetapi, kami tetap mendukung niat Polri apakah ada niat paksaan atau tidak," ujarnya.

Baca juga: Kasus COVID-19 di Kudus 123 dibanding 2.342 saat puncak kasus

Baca juga: PR Sukun bantu perbaikan laboratorium biomolekuler RSUD Kudus


Terkait besaran pemotongan dana insentif tersebut, dia mengakui, tidak mengetahui secara persis, karena bervariasi antara Rp300 ribu hingga Rp500 karena dimungkinkan masing-masing kelompok atau bangsal berbeda-beda.

Sebelumnya, Tim Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jateng datang ke Kudus untuk melakukan penyelidikan terkait adanya informasi kasus dugaan pemotongan dana insentif untuk tenaga kesehatan di RSUD Loekmono Hadi Kudus.

Informasi dari berbagai sumber, disebutkan bahwa Tim Ditreskrimsus Polda Jateng telah beberapa kali datang ke Kudus untuk meminta keterangan kepada sejumlah pihak terkait. 

Baca juga: RSUD Kudus dapat bantuan mobil laboratorium PCR

Baca juga: Satgas COVID-19 beri masukan terkait layanan di IGD RSUD Kudus

Pewarta: Akhmad Nazaruddin
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021