Jakarta (ANTARA) - Kantor Staf Presiden (KSP) berkolaborasi dengan pihak swasta dan elemen masyarakat, memberikan bantuan alat kesehatan kepada puskesmas dan masyarakat di daerah pelosok untuk mendukung penanganan Covid-19.

Kali ini, bantuan berupa alat tes antigen diserahkan langsung Kepala Staf Kepresidenan, Jenderal TNI (Purnawirawan) Moeldoko, kepada Puskesmas Cikalong Wetan, Bandung Barat, Jawa Barat, Selasa.

“Hari ini saya ke sini karena puskesmas ini stok antigennya mulai berkurang. Kalau kurang tentu akan menghambat apabila ingin meningkatkan jumlah tracing. Antigen ini merupakan hasil produksi dalam negeri yang dinamakan Covid-19 kaset uji cepat antigen,” ujar Moeldoko, saat hadir menyerahkan bantuan di Bandung Barat, sebagaimana siaran pers yang diterima di Jakarta, Selasa.

Baca juga: KSP ungkap upaya RS di Kaltim beri dukungan psikologis pasien COVID-19

Moeldoko mengatakan upaya pengujian dan penelusuran oleh puskesmas sempat terhambat karena ketersediaan antigen yang sangat terbatas.

Dia berharap bantuan antigen mampu meningkatkan kesadaran masyarakat untuk segera melakukan testing ketika mulai merasakan gejala Covid-19.

Selain alat antigen, Moeldoko bersama tim KSP juga membawa sejumlah masker dan minuman bernutrisi untuk dibagikan kepada masyarakat Cikalong Wetan.

Pembagian masker akan dilakukan oleh para relawan melalui kegiatan pintu ke pintu yang telah dirintis KSP di beberapa daerah.

Baca juga: KSP apresiasi semua pihak yang ikut mempercepat vaksinasi nasional

Moeldoko menyatakan KSP akan memfasilitasi siapapun yang ingin berkontribusi untuk kemanusiaan. Dia mengapresiasi pihak swasta yang berinisiatif untuk membantu masyarakat dalam situasi pandemi ini.

Menurut dia, kolaborasi bersama merupakan hal yang paling efektif untuk melawan pandemi ini.

"Perang melawan Covid-19 ini merupakan ikhtiar bersama. Pemerintah mengerahkan semua sumber daya yang dimiliki, masyarakat berpartisipasi dengan disiplin prokes, dan pihak swasta juga membantu meringankan beban masyarakat," lanjut Moeldoko.

Baca juga: KSP: Rumah sakit di perbatasan sulit peroleh pasokan oksigen

Adapun alat tes antigen yang dibagikan kali ini diproduksi PT Taishan Alkes Indonesia. Secara total, terdapat 50.000 alat uji yang akan didistribusi ke puskesmas lain di seluruh Indonesia.

Setelah berkunjung ke Puskesmas Cikalong Wetan, Moeldoko bersama tim juga mengunjungi RSUD Cikalong Wetan, untuk meninjau pelayanan Covid-19, ketersediaan ruang isolasi dan generator oksigen, serta meninjau pelayanan di ruang ICU melalui ruang kendali.

“Saya melihat rekan-rekan nakes sedang berjibaku menyelamatkan pasien. Sabar dan semangat. Kita semua bekerja demi kemanusiaan. Salam hormat saya," ujar Moeldoko.

Baca juga: Moeldoko: Presiden perintahkan waspadai keterisian ICU luar Jawa

Plt Bupati Kabupaten Bandung Barat, Hengky Kurniawan, mengatakan, tingkat keterisian tempat tidur di kawasan Bandung Barat kini menurun menjadi 37,9 persen dari sebelumnya 95 persen.

Dia mengatakan bahwa penurunan angka itu didukung pelaksanaan PPKM yang efektif.

Kepala Dinas kesehatan Bandung Barat, Eisenhower Sitanggang, mengapresiasi bantuan yang diserahkan KSP bersama pihak swasta. Dia meyakini akan banyak pasien isolasi mandiri yang akan segera sembuh karena masyarakat semakin sadar akan pentingnya protokol kesehatan.
 

Pewarta: Rangga Jingga
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2021