UI resmikan Sentra Vaksinasi Mahasiswa Indonesia

id Universitas indonesia,Ui,Vaksin ui,Rektor ui,Sentra Vaksinasi Mahasiswa Indonesia (SVMI),mahasiswa

UI resmikan Sentra Vaksinasi Mahasiswa Indonesia

Kegiatan peresmian Sentra Vaksinasi Mahasiswa Indonesia (SVMI) di Kampus Universitas Indonesia (UI) di Depok, Jawa Barat, Kamis (5/8/2021). ANTARA/HO-Humas UI.

Depok (ANTARA) - Universitas Indonesia (UI) meresmikan Sentra Vaksinasi Mahasiswa Indonesia (SVMI) sebagai bentuk nyata dukungan percepatan kekebalan komunal (herd immunity) di Indonesia di Sarana Olah Raga (SOR), Kampus UI Depok, dengan target 25 ribu peserta.

Rektor UI Prof. Ari Kuncoro dalam keterangan di Kampus UI Depok, Jawa Barat, Kamis mengatakan untuk mendukung target pemerintah melaksanakan vaksinasi 2 juta dosis/hari, UI bersinergi dengan berbagai mitra berupaya untuk membangun sentra vaksinasi yang dinamakan dengan “Sentra Vaksinasi Mahasiswa Indonesia” itu.

Rektor mengatakan peresmian Sentra Vaksinasi Mahasiswa Indonesia ini diharapkan dapat menjadi "role model" kerja sama pentahelix yang terdiri atas akademisi, pemerintah, industri, media massa, dan juga masyarakat.

Ia menjelaskan SVMI mendapat dukungan dari Kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, dan Dinas Kesehatan Kota Depok dalam menyiapkan 25.000 dosis vaksin Sinovac, dengan rincian kuota sebanyak 1.000 peserta per hari.

Selain mahasiswa UI, kata dia, SVMI terbuka bagi mahasiswa se-Jabodetabek dan masyarakat umum yang berusia 12 tahun ke atas, memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan/atau ber-KTP Indonesia.

"Para peserta yang hendak mengikuti program ini dapat mendaftarkan melalui laman reservasi.ehealth.co.id/kliniksatelitui," katanya.

Sebanyak 120 orang tenaga kesehatan Klinik Satelit UI Makara, relawan dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), 15 orang tenaga kesehatan dari RSAU dr. Esnawan Antariksa, Komando Operasi Angkatan Udara (Koopsau) I, dan Komando Pertahanan Udara Nasional (Kohanudnas), kata Ari Kuncoro, ikut dalam pelaksanaan vaksinasi di SVMI ini.

Sementara itu Kepala Staf TNI AU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo mengapresiasi gagasan UI dalam kegiatan vaksinasi mahasiswa Indonesia. TNI-AU siap membantu dalam penyiapan tim kesehatan (nakes) dan tim vaksinator serta mendukung penyiapan ambulans dalam kegiatan tersebut.

Peresmian Sentra Vaksinasi Mahasiswa Indonesia (SVMI) UI dilakukan oleh Rektor UI Prof. Ari Kuncoro, S.E., M.A., Ph.D, dan dihadiri oleh Plt Dirjen Dikti Kemendikbudristek Prof Ir Nizam, M.Sc dan Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI yang juga Komisaris Utama PT Telkom Indonesia, Prof. Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, Ph.D.

Hadir juga President Director PT Mustika Ratu Tbk., Bingar Egidius Situmorang; RCEO Region 5 Jakarta 3-Bank Mandiri Anton Zulkarnain; Arya Prajaka Pemimpin Divisi Hubungan Kelembagaan BNI; Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial, dan juga sebagai Waka 3 Satgas COVID-19 Kota Depok Drs. Sri Utomo, M.Si; dan para dekan dari 17 fakultas/sekolah pascasarjana/ program vokasi di UI.

Baca juga: UI beri vaksinasi COVID-19 gratis mahasiswa

Baca juga: RSUI adakan sentra vaksinasi Indonesia Bangkit sistem "drive thru"

Baca juga: Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit perpanjang vaksinasi bagi lansia

Baca juga: Sentra vaksinasi Sinergi Sehat target vaksinasi 2.000 orang per hari

 

Pewarta : Feru Lantara
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar