Jakarta (ANTARA) - Donasi para pengusaha yang tergabung dalam gerakan Pengusaha Peduli NKRI (PPNKRI) menjangkau masyarakat di Sumatera Selatan yang terdampak pandemi COVID-19.

“Donasi ini adalah kelanjutan komitmen kepedulian serta solidaritas para pengusaha, berlatar kebersamaan, bergotong royong. Sebagaimana seribu tangan yang menyangga akan lebih ringan dibandingkan satu tangan saja,” kata inisiator sekaligus koordinator gerakan Gandi Sulistiyanto dalam keterangannya, Selasa.

Bantuan dari Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia tersebut terdiri dari 30.000 paket bahan pangan berupa beras, minyak goreng dan mi instan. Bantuan diserahkan ke pihak Kepolisian Daerah Sumatera Selatan yang diterima oleh Kapolda Inspektur Jenderal Eko Indra Heri.

Lebih lanjut Gandi Sulistiyanto yang juga calon duta besar untuk Republik Korea, mengatakan PNKRI tidak hanya berisikan perusahaan besar, namun juga perusahaan rintisan, hingga UMKM dengan nilai donasi yang sangat bervariasi. Pemilihan donasi dalam bentuk barang agar dapat segera dimanfaatkan khususnya bahan pangan bagi masyarakat.

“Setiap rupiah yang didonasikan kami pertanggungjawabkan sedetil-detilnya,” ujarnya.

Adapun sehari, PNKRI telah mendonasikan 500 ton beras yang diserahkan Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono melalui video konferensi. Donasi ke Sumatera Selatan dan Bali adalah bagian dari komitmen bantuan beras sebanyak 35.000 ton dari para pengusaha.

Inisiatif Pengusaha Peduli NKRI yang bermula Maret tahun 2020, berhasil menggalang dana lebih dari Rp660 miliar dari sejumlah perusahaan di bawah naungan Kamar Dagang dan Industri Nasional Indonesia (Kadin) dalam wujud bahan pangan untuk masyarakat, beserta peralatan kesehatan seperti ventilator, alat pelindung diri, peralatan uji cepat, dan masker bagi para tenaga kesehatan dan fasilitas medis melalui koordinasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID 19.

Bantuan tersebut tersebar ke 358 institusi dan 1.080 rumah sakit serta puskesmas di Jabodetabek, dan 26 provinsi lain di Indonesia. Selain juga bantuan beras beserta obat-obatan, kosentrator oksigen, dan aktivasi sentra vaksin, yang diserahkan pada Jumat (23/7) lalu.

Baca juga: Pengusaha Peduli NKRI gelar donor plasma konvalesen

Baca juga: Pengusaha Peduli NKRI beri edukasi dan pasok plasma konvalesen


Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2021