Pembangunan pelabuhan rakyat Bandar Batauga akan mendukung konektivitas antarwilayah yang menghubungkan wilayah kabupaten dengan daratan Buton, khususnya ibu kota Kabupaten Buton Selatan
Buton Selatan (ANTARA) - Bupati Buton Selatan, Sulawesi Tenggara, La Ode Arusani menyebutkan kawasan Bandar Batauga menjadi salah satu pusat pertumbuhan ekonomi baru menyusul akan dibangunnya pelabuhan rakyat di kawasan itu.

"Pembangunan pelabuhan rakyat Bandar Batauga akan mendukung konektivitas antarwilayah yang menghubungkan wilayah kabupaten dengan daratan Buton, khususnya ibu kota Kabupaten Buton Selatan," ujarnya di Batauga, ibu kota Buton Selatan, Sabtu.

Bupati Arusani mengatakan di kawasan Bandar Batauga juga telah terbangun pasar yang nantinya akan didukung terminal tipe C guna menghubungkan antarwilayah daratan.

"Di kawasan Bandar Batauga juga akan dibangun jalan by pass untuk menambah daya dukung kawasan, termasuk di dalamnya pembangunan masjid agung daerah itu dan ruang publik sebagai tempat interaksi masyarakat," ujarnya.

Selain itu, katanya, kawasan tersebut saat ini sedang dibangun Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Buton Selatan guna pendekatan pelayanan kesehatan baik dari wilayah kepulauan maupun daratan.

"Dan insya Allah ke depan rencananya akan dibangun rumah susun sebagai rumah singgah keluarga pasien," imbuh politisi PDIP ini.

Secara administrasi wilayah Kabupaten Buton Selatan terdiri dari 7 kecamatan, yakni 3 kecamatan di wilayah daratan dan 4 kecamatan kepulauan.

Sebagai daerah kepulauan memiliki tantangan tersendiri dalam segala aspek pembangunan, khususnya bagaimana membangun konektivitas antarwilayah baik wilayah daratan maupun wilayah kepulauan guna mendukung percepatan mobilitas logistik barang dan mobilitas masyarakat serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi diseluruh wilayah di daerah itu.

Segala pembangunan yang dilaksanakan tidak akan terwujud tanpa dukungan para tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda dan seluruh lapisan masyarakat, dan segenap aparatur sipil negara pemerintah daerah serta terkhusus kepada pimpinan dan anggota DPRD Buton Selatan sebagai mitra pemerintah daerah dalam mengawal pembangunan, ujarnya.

Baca juga: Buton Selatan bangun Pelabuhan Bandar Batauga

Baca juga: Raskin di Batauga memprihatinkan

 

Pewarta: Hernawan Wahyudono dan Yusran
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2021