Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan pemerintah mempercepat penyaluran Bantuan Perlindungan Sosial kepada masyarakat yang terdampak COVID-19, bantuan tersebut sudah mulai diberikan.

"Bantuan-bantuan sosial tunai dan non-tunai sudah mulai tersalurkan kepada masyarakat. Program-program bantuan sosial tunai, seperti melalui Program Keluarga Harapan (PKH), sudah mulai disalurkan lewat Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) dan PT Pos Indonesia kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM)," kata Johnny dalam keterangan pers, dikutip Jumat.

Penyaluran tersebut terus dilakukan dan akan dipercepat dengan mengurai kendala dan meningkatkan sinergi dengan pemerintah daerah.

Baca juga: Kominfo minta pegawai patuhi PPKM Darurat Jawa-Bali

Program Bantuan Sosial Nontunai saat ini sudah mulai disalurkan melalui Perum BULOG dan Kementerian Sosial. Menurut Johnny, realisasi bantuan nontunai sejauh ini relatif baik.

"Pemerintah terus berkomitmen untuk mempercepat penyaluran bantuan sosial ini kepada masyarakat yang membutuhkan. Hambatan pelaksanaan yang selama ini ada sudah mulai terurai dengan sinergi yang baik antar berbagai pihak di pusat maupun daerah," kata Johnny.

Di DKI Jakarta, dikatakan Johnny, bantuan nontunai sudah mencapai 900 ribu penerima manfaat, sementara di Banten, realisasi program mencapai 90 persen.

"Pemerintah akan terus memonitor penyaluran bantuan sosial sehingga bisa sampai ke masyarakat secara tepat dan cepat," kata Johnny.

Selama penyaluran bantuan sosial, Johnny mengimbau masyarakat semakin disiplin menerapkan protokol kesehatan dan segera mengikuti vaksinasi.

"Melihat perkembangan kasus beberapa hari terakhir yang belum menunjukkan penurunan kasus secara signifikan, mohon masyarakat semakin memperketat protokol kesehatan dan segera ikuti vaksinasi. Beberapa hari ke depan, sampai tanggal 26 Juli adalah periode yang sangat menentukan kebijakan selanjutnya," kat Johnny.

Pemerintah memberi bantuan Perlindungan Sosial kepada masyarakat yang membutuhkan dalam berbagai bentuk program, antara lain Program Keluarga Harapan, Program Kartu Sembako, Kartu Sembako PPKM, Program Bansos Tunai, Bantuan Beras Bulog, Diskon Listrik, Bantuan Rekening Minimum Biaya Beban/Abonemen, Program Prakerja dan Bantuan Subsidi Upah Tenaga Kerja, Bantuan Kuota Internet, dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa.

Baca juga: Luhut minta penyaluran bansos PPKM dipercepat

Baca juga: Menkominfo ingatkan kolaborasi guna wujudkan vaksinasi 70 persen

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2021