Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca sebagian besar wilayah Indonesia cerah berawan pada Jumat (16/7) siang.

Wilayah yang diprakirakan mengalami cerah berawan, yakni Banda Aceh, Denpasar, Serang, Bengkulu, Yogyakarta, Jakarta Pusat, Pontianak, Pangkal Pinang, Bandar Lampung, Jayapura, Pekanbaru, Padang, Palembang, dan Medan.

Baca juga: Sebagian besar wilayah Indonesia diperkirakan berawan dan hujan ringan

Sementara daerah yang diprakirakan cerah, yakni Bandung, Semarang, Surabaya, dan Kupang. Daerah yang diprakirakan berawan, yakni Gorontalo, Jambi, Samarinda, Tarakan, Mataram, Manokwari, dan Kendari.

Daerah yang diprakirakan hujan ringan, yakni Banjarmasin, Palangkaraya, Tanjung Pinang, Ambon, Makassar, dan Manado. Untuk Mamuju diprakirakan akan mengalami hujan sedang dan Ternate akan mengalami hujan petir.

BMKG memperingatkan sejumlah wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang adalah Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Wilayah yang berpotensi hujan yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang adalah Sumatera Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, dan Gorontalo.

Sementara wilayah yang berpotensi angin kencang adalah Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

Baca juga: Cuaca cerah diprakirakan menaungi sebagian kota besar di Indonesia

Baca juga: BMKG prakirakan wilayah ibu kota provinsi didominasi awan cerah


Pewarta: Indriani
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2021