Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Tri Tito Karnavian berharap program kerja TP-PKK di daerah senantiasa bersinergi dengan program pemerintah daerah.

Tri Tito Karnavian, dalam keterangannya di Jakarta, Rabu, mengatakan TP-PKK perlu memahami berbagai program unggulan dan prioritas yang dimiliki pemerintah daerah.

Melalui pemahaman itu, katanya, TP-PKK dapat memetakan pelaksanaan 10 program pokok yang diemban TP-PKK. Selain itu, program kerja juga perlu disusun sesuai dengan potensi yang dimiliki daerahnya masing-masing.

Baca juga: Ketua Umum TP-PKK dorong kader tekan dan cegah penyebaran COVID-19

“Ibu-ibu selaku ketua tim penggerak PKK provinsi masing-masing agar bisa membuat program kerja yang berdasarkan potensi yang dimiliki oleh daerah masing-masing sejalan dengan pengelolaan 10 program PKK tersebut,” kata Tri Tito Karnavian.

Tri menyadari keberhasilan pelaksanaan program TP-PKK tak lepas dari keterpaduan antara gerakan keswadayaan dan partisipasi masyarakat dengan bimbingan serta fasilitasi dari mitra kerja.

Karena itu, program pemerintah termasuk di tingkat daerah yang berkaitan dengan peran masyarakat, diharapkan dapat melibatkan peran TP-PKK.

Baca juga: Presiden ajak mahasiswa, kader PKK-Posyandu jadi relawan COVID-19

Tri Tito Karnavian pada acara pelantikan Ketua TP-PKK Provinsi Sulawesi Tengah dan Provinsi Jambi secara virtual itu juga berharap agar Gubernur Sulawesi Tengah dan Gubernur Jambi dapat memberi perhatian dan dukungan terhadap pelaksanaan program TP-PKK. Terlebih mereka merupakan ketua pembina TP-PKK di daerahnya masing-masing.

“Kiranya dapat memberikan dukungan dan fasilitasi terhadap program-program PKK,” ucap Tri.

Adapun, Ketua TP-PKK Provinsi Sulawesi Tengah yang dilantik yakni Vera Rompas Mastura. Sedangkan Ketua TP-PKK Provinsi Jambi yang dilantik yaitu Hesnidar Haris. Keduanya merupakan istri dari masing-masing kepala daerah yang terpilih dalam Pilkada serentak 2020.

Baca juga: PKK Jabar: Penanganan pandemi jangan lupakan soal gizi dan stunting

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2021