Jakarta (ANTARA) - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) meminta relawan desa lawan COVID-19 memperkuat ketersediaan ruang isolasi desa.

Mendes PDTT, Abdul Halim Iskandar dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu mengatakan, ketersediaan ruang isolasi desa akan menjadi solusi untuk mengantisipasi rumah sakit penuh.

"Sekarang rumah sakit pada penuh. Tidak ada pilihan bagi desa selain menyiapkan ruang isolasi yang baik," ujar Mendes PDTT.

Baca juga: Gedung BLK Kediri jadi tempat isolasi mandiri terpusat

Pria yang akrab disapa Gus Halim ini menambahkan, relawan desa lawan COVID-19 yang diketuai oleh kepala desa ini juga diimbau untuk memperketat penjagaan gerbang desa atau pos jaga desa.

Ia mengatakan relawan desa lawan COVID-19 untuk lebih selektif dalam memantau pergerakan warga setempat, terutama warga/pendatang yang baru tiba dari luar daerah.

"Pemantauan pertama adalah mengecek suhu badan. Kemudian mendata form perjalanan seminggu terakhir. Nah kalau tidak mengkhawatirkan, tidak ada masalah, dibolehkan masuk. Tapi kalau mengkhawatirkan, misalkan suhu tubuh di atas standar, langsung bawa ke ruang isolasi desa," kata Gus Halim.

Ia mengemukakan, gedung yang digunakan sebagai ruang isolasi di setiap desa bervariasi, mulai dari Balai Desa, Gedung BUMDes (Badan Usaha Milik Desa), Gedung SD, hingga Rumah Kosong yang tidak digunakan.

"Konsolidasi terkait penyediaan ruang isolasi desa sendiri telah dilakukan sejak tahun lalu," katanya.

Tak hanya menyediakan ruang isolasi saja, menurut Gus Halim, ruang isolasi desa yang dikelola oleh relawan desa lawan COVID-19 ini juga menyediakan segala sesuatu yang dibutuhkan oleh pasien yang diisolasi, seperti makanan, obat, dan vitamin.

Selain itu, lanjut dia, ruang isolasi desa juga berada di bawah pemantauan Puskesmas setempat.

"Kebanyakan kasus COVID-19 di desa itu OTG (pasien covid tanpa gejala). Sehingga bisa ditangani melalui ruang isolasi mandiri yang selama ini sudah disediakan desa sejak covid-19 ada, sejak tahun 2020," ujarnya.

Baca juga: Pemerintah dirikan tenda IGD di RSUD Batam
Baca juga: Mendes imbau masyarakat desa pakai masker dobel untuk tekan COVID-19
Baca juga: Mendes imbau warga desa menahan aktivitas luar rumah


Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2021