Padang Pariaman (ANTARA) - PT Angkasa Pura II membuka sentra vaksinasi di Bandara Internasional bagi calon penumpang pesawat yang telah memiliki tiket penerbangan bertempat di selasar terminal mulai 6 Juli 2021.

"Sentra Vaksinasi BIM ini untuk mendukung calon penumpang pesawat memenuhi protokol kesehatan pada PPKM Darurat, juga untuk mempercepat program vaksinasi yang dicanangkan pemerintah mewujudkan kekebalan komunal di tengah pandemi," kata Eksekutif General Manajer PT Angkasa Pura II BIM Yos Suwagiyono di Padang Pariaman, Selasa.

Menurut dia, pada PPKM Darurat penumpang pesawat yang menuju dan dari Jawa serta Bali diwajibkan menunjukkan kartu vaksinasi minimal dosis pertama dan surat hasil tes usap PCR.

Pada pelaksanaan hari pertama Sentra Vaksinasi di Bandara Internasional Minangkabau, animo calon penumpang pesawat cukup tinggi tercatat ada 20 orang yang melakukan vaksin.

Baca juga: Imigrasi Padang tolak kedatangan 22 WNA melalui BIM

Baca juga: Difasilitasi ACT, ratusan perantau dari Wamena tiba di Sumbar


Sentra Vaksinasi Bandara Internasional Minangkabau didukung penuh Dinas Kesehatan Sumbar dan Kantor Kesehatan Pelabuhan.

Keberadaan sentra vaksinasi ini mendapat respons positif dari calon penumpang pesawat. Kami berharap sentra vaksinasi ini juga dapat mendukung percepatan program vaksinasi nasional guna mewujudkan herd community di tengah pandemi,” ujar Yos.

Pada hari pertama pembukaan Sentra Vaksinasi Bandara Internasional Minangkabau berjalan lancar, seluruh prosedur vaksinasi dijalani dengan baik oleh calon penerima vaksinasi yang juga calon penumpang pesawat, mulai dari registrasi, proses skrining, vaksinasi, hingga observasi setelah vaksinasi.

"Hari ini, kami melihat alur vaksinasi yang berada di Bandara. Kita vaksinasi sebanyak mungkin, ini akan menjadi salah satu cara yang paling efektif untuk mengatasi kenaikan kasus saat ini,” ujarnya.

Ia juga mengingatkan selama PPKM Darurat ini masyarakat harus lebih ketat menjaga protokol kesehatan dan mengurangi mobilisasi.

Sentra Vaksinasi di BIM dibuka di area selasar terminal, beroperasi pada pukul 08.00 WIB - 13.00 WIB.*

Baca juga: Padang dekati zona merah COVID-19, warga diimbau di rumah saja

Baca juga: FK Unand edukasi masyarakat seputar vaksin COVID-19 di mall

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021