Makassar (ANTARA) - Sebagai langkah pro aktif mengedukasi masyarakat agar giat menjaga kebugaran dan imunitas tubuh, Dinas Pemuda dan Olahraga Sulawesi Selatan dan Pemerintah Kabupaten Gowa bersiap menggelar Festival Senam Lansia pada 16-17 Juli 2021.

"Ini adalah tindak lanjut dari program Kementerian Pemuda dan Olahraga untuk mendorong para lansia di atas 45 tahun untuk tetap menjaga kesehatan di tengah pandemi COVID-19," kata Kadispora Sulsel, Andi Arwin Azis di Makassar, Sabtu.

Dia mengatakan, sejak pandemi COVID-19 melanda Indonesia, semua diminta proaktif menjaga kebugaran dan imunitas tubuh dengan olahraga teratur dan makan makanan bergizi.

"Festival Senam Lansia ini adalah program dari pusat, dan Sulsel dipilih menjadi tuan rumah, sehingga kami dari provinsi memilih Kabupaten Gowa dan Kota Makassar sebagai lokasi penyelenggaraan festival."

"Salah satu alasan penting dipilihnya Kabupaten Gowa karena daerah ini memiliki program Rabu Sehat dimana setiap hari tersebut rutin dilakukan olahraga senam untuk menjaga imunitas tubuh di masa pandemi COVID-19," kata Andi Arwin.

Untuk pelaksanaan kegiatan itu, lanjut dia, pihaknya memastikan sebelum pelaksanaan seluruh peserta mengikuti rapid antigen, agar ketika festival ini dimulai seluruh peserta bisa terhindar dari penularan COVID-19.

Sementara itu, Bupati Gowa Adnan Purichita Ichsan mengatakan, suatu kehormatan bagi Gowa ditunjuk sebagai lokasi pelaksanaan Festival Senam Lansia.

"Tentunya kami menyambut baik program tersebut, karena ini sebagai bentuk perhatian provinsi ke Gowa," katanya.

Demi mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, Pemkab Gowa menyiapkan ruangan terbuka dengan prokes ketat yang rencananya berlokasi di Pelataran Ballalompoa dengan jumlah peserta dibatasi sebanyak 150 orang saja.

Baca juga: Dorong lansia sehat, Kemenpora gelar festival senam lansia nasional
Baca juga: Olahraga tepat untuk orang dengan demensia
Baca juga: Kurang gerak picu risiko degeneratif
Foto bersama Kadispora Sulsel Andi Arwin bersama Bupati Gowa Adnan Purichita (tengah) usai audiensi membahas Festival Senam Lansia pada masa pandemi COVID-19 di Makassar. ANTARA Foto/ HO/Humas Dispora Sulsel

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2021