Tradisi membersihkan mata air Sendangsari petilasan Sunan Kalijaga

  • Rabu, 23 Juni 2021 19:43 WIB

Warga menyawer penari tayub saat pentas dalam tradisi sedekah bumi di Bale Panjang yang merupakan petilasan Sunan Kalijaga di Desa Sugihmanik, Tanggungharjo, Grobogan, Jawa Tengah, Rabu (23/6/2021). Tradisi turun temurun ratusan tahun dengan membersihkan mata air, dilanjutkan berdoa, makan bersama serta menyaksikan tarian tayub itu dilakukan sebagai napak tilas Sunan Kalijaga dalam menyebarkan agama Islam di desa setempat sekaligus wujud rasa syukur masyarakat kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rezeki yang melimpah. ANTARA FOTO/Aji Styawan/wsj.

Warga menari bersama penari tayub yang diyakini membawa berkah saat pentas dalam tradisi sedekah bumi di Bale Panjang yang merupakan petilasan Sunan Kalijaga di Desa Sugihmanik, Tanggungharjo, Grobogan, Jawa Tengah, Rabu (23/6/2021). Tradisi turun temurun ratusan tahun dengan membersihkan mata air, dilanjutkan berdoa, makan bersama serta menyaksikan tarian tayub itu dilakukan sebagai napak tilas Sunan Kalijaga dalam menyebarkan agama Islam di desa setempat sekaligus wujud rasa syukur masyarakat kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rezeki yang melimpah. ANTARA FOTO/Aji Styawan/wsj.

Sejumlah warga makan bersama seusai membersihkan mata air Sendangsari yang merupakan petilasan Sunan Kalijaga saat tradisi sedekah bumi di Desa Sugihmanik, Tanggungharjo, Grobogan, Jawa Tengah, Rabu (23/6/2021). Tradisi turun temurun ratusan tahun dengan membersihkan mata air, dilanjutkan berdoa, makan bersama serta menyaksikan tarian tayub itu dilakukan sebagai napak tilas Sunan Kalijaga dalam menyebarkan agama Islam di desa setempat sekaligus wujud rasa syukur masyarakat kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rezeki yang melimpah. ANTARA FOTO/Aji Styawan/wsj.

Sejumlah warga membersihkan mata air Sendangsari yang merupakan petilasan Sunan Kalijaga saat tradisi sedekah bumi di Desa Sugihmanik, Tanggungharjo, Grobogan, Jawa Tengah, Rabu (23/6/2021). Tradisi turun temurun ratusan tahun dengan membersihkan mata air, dilanjutkan berdoa, makan bersama serta menyaksikan tarian tayub itu dilakukan sebagai napak tilas Sunan Kalijaga dalam menyebarkan agama Islam di desa setempat sekaligus wujud rasa syukur masyarakat kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rezeki yang melimpah. ANTARA FOTO/Aji Styawan/wsj.

Sejumlah warga meminum air tapai sebagai syarat membersihkan mata air Sendangsari yang merupakan petilasan Sunan Kalijaga saat tradisi sedekah bumi di Desa Sugihmanik, Tanggungharjo, Grobogan, Jawa Tengah, Rabu (23/6/2021). Tradisi turun temurun ratusan tahun dengan membersihkan mata air, dilanjutkan berdoa, makan bersama serta menyaksikan tarian tayub itu dilakukan sebagai napak tilas Sunan Kalijaga dalam menyebarkan agama Islam di desa setempat sekaligus wujud rasa syukur masyarakat kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rezeki yang melimpah. ANTARA FOTO/Aji Styawan/wsj.

Sejumlah warga memakan ingkung bebek sebagai syarat membersihkan mata air Sendangsari yang merupakan petilasan Sunan Kalijaga saat tradisi sedekah bumi di Desa Sugihmanik, Tanggungharjo, Grobogan, Jawa Tengah, Rabu (23/6/2021). Tradisi turun temurun ratusan tahun dengan membersihkan mata air, dilanjutkan berdoa, makan bersama serta menyaksikan tarian tayub itu dilakukan sebagai napak tilas Sunan Kalijaga dalam menyebarkan agama Islam di desa setempat sekaligus wujud rasa syukur masyarakat kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rezeki yang melimpah. ANTARA FOTO/Aji Styawan/wsj.

Komentar

Komentar menjadi tanggung-jawab Anda sesuai UU ITE.

Berita Terkait