Saya sangat mendukung rencana pembangunan BLK di Mappi, Provinsi Papua ini. Apalagi Pak Bupati tadi bilang sudah memiliki 'mapping' (pemetaan) kebutuhan tenaga kerja dan peningkatan kompetensinya
Jakarta (ANTARA) - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mendukung usulan pendirian Balai Latihan Kerja Unit Pelaksana Teknis Pusat (BLK UPTP) milik Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) di Kabupaten Mappi, Provinsi Papua.

"Saya sangat mendukung rencana pembangunan BLK di Mappi, Provinsi Papua ini. Apalagi Pak Bupati tadi bilang sudah memiliki 'mapping' (pemetaan) kebutuhan tenaga kerja dan peningkatan kompetensinya," kata Menaker dalam keterangan tertulis usai menerima kunjungan Bupati Mappi, Provinsi Papua, Cristosimus Yohanes Agawemu, di Kantor Kemenaker, Jakarta, Senin.

Ia mengatakan pembangunan BLK UPTP di Kabupaten Mappi ini dalam rangka menindaklanjuti Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 9 Tahun 2020 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Papua Barat.

"Melalui Inpres ini, kami terus dorong pengembangan kompetensi tenaga kerja di Papua dan Papua Barat. Upaya pengembangan SDM terus dilakukan melalui pendirian BLK dan BLK Komunitas di sana,” katanya.

Menaker menyatakan bahwa secara geografis, Kabupaten Mappi sangat strategis karena terletak di antara Kabupaten Boven Digoel dan Kabupaten Merauke. Sementara dari sisi kebutuhan tenaga kerja, nanti masyarakat atau tenaga kerja dapat diserap, seperti di industri sawit yang ada di daerah setempat.

Pihaknya segera memverifikasi berkas terkait pembangunan BLK UPTP, kemudian ditindaklanjuti dengan memerintahkan tim untuk mengecek lokasi yang akan dibangun gedung BLK UPTPT.

"Sebagai tindak lanjut dari pertemuan ini, kami segera memeriksa kelengkapan usulan, berkas-berkasnya kami verifikasi dulu, lalu menerjunkan tim untuk cek langsung ke lapangan," kata Ida Fauzyah.

Bupati Mappi Papua, Cristosimus Yohanes Agawemu menyampaikan terima kasih atas komitmen dan dukungan Menaker dalam rencana pembangunan BLK di Kabupaten Mappi.

Nantinya dengan adanya BLK di Mappi, ia berharap SDM masyarakatnya meningkat dan memiliki keterampilan, sehingga siap masuk ke pasar kerja dan bisa bersaing di dunia industri.

"Saya berharap tim dari Kemnaker dapat segera berkunjung untuk melihat lokasi tanah untuk pembangunan BLK itu bisa dilakukan dan ketersedian untuk bisa bekerja baik itu perkebunan kelapa sawit dan industri lainnya yang ada di Kabupaten Mappi," katanya.

Di Kabupaten Mappi sendiri akan dibangun pabrik kayu gaharu, pengelolaan kayu masohi, serta pati sagu menjadi tepung sagu. Semuanya diharapkan bisa benar-benar membuka ruang kerja baru bagi masyarakat lokal dan memiliki penghasilan yang baik.

"Kami membutuhkan dukungan dari Kemnaker dalam hal pemecahan permasalahan penciptaan peluang kerja bagi masyarakat lokal di Kabupaten Mappi," katanya.

Dalam membangun BLK UPTP, pihaknya telah menyiapkan lahan lebih dari 10 hektare. Adapun beberapa kejuruan yang direkomendasikan di antaranya adalah kejuruan otomotif, listrik, pertanian, dan mebel, demikian Cristosimus Yohanes Agawemu.

Baca juga: Menaker: BLK Bantaeng telorkan 7.000 tenaga kompeten

Baca juga: Kabupaten Mappi minta perhatian serius pemerintah pusat

Baca juga: Ada 100 pelaku usaha OAP uji sertifikasi tenaga kerja konstruksi

Baca juga: Bendera merah putih 75 meter dibentang di Edera Mappi


 

Pewarta: Indriani
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2021