Beberapa tahun lalu, ketika datang ke sini, ini daerah yang tak jelas, tetapi sekarang, sudah diubah pemerintah dan hari ini menjadi seperti ini
Labuan Bajo, NTT (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan meminta Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, NTT, memelihara aset di kawasan Puncak Waringin, Labuan Bajo, yang telah dibangun pemerintah, sehingga menjadi kawasan wisata, yang menarik untuk dikunjungi.

"Saya titip, Pak Bupati (Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi) karena Anda yang di sini, peliharalah kawasan ini, karena ini menjadi tujuan wisata yang bagus," katanya dalam acara puncak Kilau Permata Digital Flobamora sebagai Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) di NTT, yang dipusatkan di Bukit Waringin, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Jumat.

Luhut mengaku bangga kembali berada di kawasan Puncak Waringin dengan wajah, yang sudah tertata dengan bagus.

Baca juga: Wapres harap Kilau Digital Flobamora dukung pemulihan ekonomi nasional

Menurut dia, pembangunan kawasan ini merupakan sebuah capaian yang luar biasa.

"Beberapa tahun lalu, ketika datang ke sini, ini daerah yang tak jelas, tetapi sekarang, sudah diubah pemerintah dan hari ini menjadi seperti ini," katanya.

Menko Luhut mengatakan pohon-pohon di kawasan Puncak Waringin juga sudah ditanam dengan bagus, sehingga meminta bupati setempat mengajak warga sekitar bersama-sama merawatnya agar tumbuh dengan baik.

Jika ada pohon yang mati, kata dia, maka pemerintah daerah jangan membiarkannya, namun segera menggantinya kembali, sehingga pemeliharaan kawasan dapat tetap berjalan.

"Kita mudah membangun, tetapi kadang-kadang susah memelihara. Jadi, hal-hal yang kecil saya titip Pak Bupati untuk menjaganya," kata Luhut.

Acara puncak Kilau Permata Digital Flobamora di Labuan Bajo digelar secara campuran (hybrid) dengan tatap muka dalam jumlah terbatas dan virtual.

Turut hadir pula secara langsung Menteri Komunikasi dan Informasi Jhonny G Plate, Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat, Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi, dan pelaku UMKM.

Sementara hadir secara virtual antara lain Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, serta sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju yang turut memberikan sambutan dan apresiasinya.

Baca juga: Menko Luhut minta percepat tambah BTS, pacu digitalisasi 30 juta UMKM
Baca juga: Wapres minta UMKM utamakan produk dalam negeri

Pewarta: Aloysius Lewokeda/Bernadus Tokan
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2021