Event yang dirancang seperti F8 maupun Makassar Jazz Festival sebagai contoh dalam menggeliatkan roda penyelenggaraan event yang membuka peluang kerja
Makassar (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mendukung penuh kegiatan seni dan budaya Makassar International Eight Festival and Forum (F8) yang pernah menjadi agenda wisata tahunan di Kota Makassar.

"F8 bagus dan kita dukung. Event yang dirancang seperti F8 maupun Makassar Jazz Festival sebagai contoh dalam menggeliatkan roda penyelenggaraan event yang membuka peluang kerja," ujar Sandiaga Uno di Makassar, Kamis.

Ia mengatakan, program-program Pemerintah Kota Makassar untuk lima tahun ke depannya itu sangat tepat sasaran, dan diharapkan bisa memulihkan kembali perekonomian masyarakat.

Sandi sendiri melihat kebangkitan pemulihan ekonomi Makassar terutama sebagai barometer Indonesia timur. Makassar sendiri telah bersiap-siap dengan penerapan protokol jesehatan yang ketat dan disiplin.

"Pnyelenggaraan F8 Makassar nanti sebagai awal kebangkitan pariwisata dari timur," katanya.

“Tadi saya turun, bicara sama musisinya, mereka sudah lama sekali tidak mendapatkan order, jadi ini bentuk keberpihakan kita untuk menghadirkan kebijakan yang penuh berkeadilan. Dan saya melihat Makassar mematuhi Prokes," tambahnya.

Sandi Uno menyatakan akan siap mendukung dan berkaloborasi secara penuh dalam kegiatan-kegiatan kepariwisataan di Kota Makassar.

"Tentunya kita harus perhatikan prokes, kita harus lihat keadaan covid, setelah itu saya akan koordinasi dengan pak wali bagaimana bentuk daripada kolaborasi kita, sekarang kita perlu beradaptasi dan terus beradaptasi dan terima kasih bisa berkolaborasi," ucapnya.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto bersama Wakil Wali Kota Makassar Fatmawati Rusdi mengatakan, beberapa agenda pariwisata Makassar masih akan disesuaikan dan dikondisikan dengan pandemi COVID-19 itu.

"Kita masih pantau penyebaran COVID-19 kita di Makassar. Saya presentasekan dihadapan pak menteri dan beliau bilang F8 harus diselenggarakan kembali," katanya.

Mendapat dukungan penuh, Danny Pomanto berencana akan menganggarkan kembali anggaran untuk pelaksanaan F8 tahun ini.

"Tadi sebelum naik ke mobil pak menteri bilang F8 sangat bagus. Harus dilaksanakan. Kita tetap menganggarkan pelaksanaan ini. Meskipun dulu pemerintah full yang mengerjakan dan tahun ini kalau pandemi berakhir maka swasta yang turun tangan dan pemerintah ikut membantu," ucapnya.
Baca juga: Wali Kota Makassar menjamu Menparekraf di atas Pinisi
Baca juga: Pemkot Makassar targetkan hadirkan 5.000 lorong wisata
Baca juga: Summarecon Mutiara hadirkan destinasi wisata baru di Makassar

Baca juga: "Muhibah Budaya dan Festival Jalur Rempah 2021" melalui Makassar
 

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2021