Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura meminta warga di wilayahnya untuk memasang umbul-umbul menjelang penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX pada Oktober 2021.

Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano kepada Antara di Jayapura, Rabu, mengatakan pemasangan umbul-umbul sebagai bentuk sosialisasi juga kepada masyarakat mengenai PON XX.

"Hal ini juga sebagai bentuk sikap bahwa Papua siap menyelenggarakan PON XX pada Oktober 2021," katanya.

Baca juga: Pemkot Jayapura terima 148 bus mini dari Kemenhub untuk PON

Menurut Tomi Mano, intinya, pihaknya ingin menyampaikan kepada kontingen provinsi lain bahwa Papua aman dan siap menyelenggarakan PON.

"Selain itu juga, ingin menunjukkan bahwa kluster penyelenggara PON XX siap menyukseskan event nasional tersebut," ujarnya.

Dia menjelaskan Gubernur Papua telah mempertaruhkan harkat dan martabat orang Papua agar PON ini bisa dilaksanakan di Bumi Cenderawasih sehingga masyarakat serta semua elemen di dalamnya harus turut menyukseskan.

Baca juga: Pemkot Jayapura gandeng TNI-Polri vaksinasi warga sekitar venue PON XX

"Jika semua pihak berbuat yang terbaik dengan menyukseskan PON maka hal ini akan membuat perjuangan Gubernur Papua sangat bermakna sekali," katanya lagi.

Dia menambahkan PON merupakan momen luar biasa, ajang prestasi, ajang ekonomi dan lain sebagainya sehingga harus disukseskan oleh semua pihak.

Baca juga: KONI pastikan persiapan PON Papua terus berjalan meski ada penolakan

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021