Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Universitas Brawijaya (UB) bertengger di peringkat enam kampus terbaik Indonesia versi Times Higher Educayion (THE) dan berada di posisi ke- 401+ di tingkat Asia.

Ketua Pemeringkatan Internasional UB Adharul Mutaqqin, ST, MT, di Malang, Jawa Timur, Rabu mengaku posisi UB yang dirilis THE tahun ini tidak berubah atau sama dengan tahun sebelumnya.

"Peringkat yang dirilis THE kali ini sama seperti Tahun 2020, yakni di posisi 401+ Asia. THE merilis pemeringkatan ini setiap tahun sekali," katanya.

Adharul menambahkan ada lima pilar yang memengaruhi penilian dalam menentukan pemeringkatan THE tersebut, yaitu pengajaran (teaching), penelitian (research), sitasi (citation), industry income dan international outlook.

Industrial income merupakan jumlah dana yang telah diterima UB terkait dengan penelitian dan hilirisasi yang sudah dilakukan. Internasional Outlook adalah perspektif Internasional terhadap UB bagaimana mereka memandang kualitas dan mutu kampus tersebut.

Kualitas dan mutu tersebut dilihat dari dosen, kolaborasi atau kerja sama internasional, publikasi dan ketertarikan mahasiswa internasional untuk belajar di UB.

Oleh karena itu, katanya, semakin banyak jejaring yang dibuat dengan partner-partner internasional, akan semakin meningkatkan apresiasi mereka, sehingga mereka akan tertarik untuk datang ke UB.

Adharul berharap kekuatan dan kelemahan yang ditunjukkan masing-masing skor indikator ini bisa digunakan sebagai salah satu pertimbangan untuk meningkatkan program-program prioritas yang dilakukan UB.

"Misalkan, pada pilar penelitian dan sitasi, harapannya kita bisa terus lebih baik dengan mengoptimalkan sumber daya manusia UB yang besar," katanya.

Sembilan Universitas terbaik di Indonesia, yakni Universitas Indonesia (UI) peringkat dunia 194, Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan peringkat dunia 301-350, Universitas Gadjah Mada (UGM) berada di posisi 351-400 dunia, Institut Pertanian Bogor (IPB) di posisi 351-400.

Sementara itu, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) berada di peringkat 351-400 dunia, Universitas Brawijaya (UB) di peringkat 401+, Universitas Diponegoro di peringkat 401+, Universitas Padjadjaran di peringkat 401, dan Telkom University di peringkat 401+.

Sementara itu, untuk peringkat di dalam negeri, UB berada di bawah lima PTN yang ada di Indonesia, yakni UI, ITB, UGM, IPB, dan ITS.

Pewarta: Endang Sukarelawati
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2021