BNI Kantor Cabang Hong Kong mendapatkan apresiasi atas konsistensinya mendukung ekspor produk-produk Indonesia ke Hong Kong dan China
Jakarta (ANTARA) - PT Bank Negara Indonesia (BNI) memperoleh penghargaan Consulate Award 2020 dari Konsul Jenderal Republik Indonesia (KJRI) untuk Hong Kong dan Macau karena aktif dalam mendorong kegiatan ekspor dari Indonesia.

"BNI Kantor Cabang Hong Kong mendapatkan apresiasi atas konsistensinya mendukung ekspor produk-produk Indonesia ke Hong Kong dan China," kata Direktur Treasury dan International BNI Henry Panjaitan di Jakarta, Jumat.

Henry mengatakan aktivitas BNI Hong Kong dalam mendorong ekspor, terutama ekspor para UMKM, merupakan salah satu bagian dari strategi BNI untuk go global, yakni dengan mendorong UMKM Indonesia untuk memasuki pasar ekspor.

"Kantor Cabang BNI di luar negeri juga aktif untuk memberikan pembiayaan kepada diaspora-diaspora Indonesia, terutama yang mengimpor barang-barang dari Indonesia," katanya.

KJRI untuk Hong Kong dan Macau Ricky Suhendar menyampaikan BNI telah memberikan kredit kepada perusahaan-perusahaan di Hong Kong, yang selama ini menjadi distributor dan pembeli produk-produk asal Indonesia untuk dipasarkan di Hong Kong dan China.

Ia menambahkan penghargaan ini juga diberikan karena BNI Hong Kong ikut terlibat dalam pemberdayaan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang ada di Hong Kong dan Macau.

"Program pemberdayaan ini merupakan hasil sinergi BNI dengan KJRI yang disiapkan untuk memberikan pembekalan bagi PMI setelah selesai masa kontrak kerjanya," kata Ricky.

Dalam kesempatan ini, pemilik Forever Harvest Co Ltd yang bergerak dalam bidang distributor terutama produk-produk dari Indonesia, Alex Chu, sukses mendapatkan fasilitas kredit impor sebesar 2 juta dolar HK dari BNI Hong Kong.

Ia mengungkapkan pemberian kredit ini sangat membantu kelancaran usahanya, karena pembelian barang dari Indonesia menjadi lebih mudah dan murah, dan arus kasnya menjadi lebih lancar.

Alex Chu yang juga menerima penghargaan Consulate Award 2020 mengungkapkan komitmen untuk terus mengimpor produk dari Indonesia dan menjualnya di Hong Kong.

"Saya siap membantu jika ada UMKM nasabah BNI yang ingin mencoba memasuki pasar Hong Kong," katanya.

Consulate Award 2020 merupakan ajang pertama yang diadakan oleh KJRI Hong Kong dan Macau untuk memberikan penghargaan kepada pihak-pihak yang telah berkontribusi signifikan terhadap hubungan ekonomi Indonesia dan Hong Kong.

KJRI Hong Kong mencatat para pemenang penghargaan tersebut yaitu Chi Shing (Golden Coconut) Trading Co Ltd (Indonesian Diaspora Distributor of the Year), Forever Harvest Co Ltd (Indonesian Diaspora Small Medium Enterprise of the Year), dan Fok Hing (HK) Trading Ltd (Indonesian Diaspora Retailer of the year).

Kemudian Sixfifteen Imports-Exports Ltd. (Indonesian Promoter of the Year), Potato Head (The Best-rated Indonesian Restaurant) dan Kampoeng Restaurant (The Best Indonesian Restaurant with Excellent Service of the Year).

Selanjutnya, Indonesian Chamber of Commerce (Inacham) Hong Kong (Indonesia Eminent Partner of the Year) dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Hong Kong Branch (Special award of appreciation for supporting SMEs and providing capacity buildings for Indonesian community in Hong Kong).

Baca juga: BNI raih penghargaan pengembang API terbaik

Baca juga: BNI raih bank internasional terbaik 2020


 

Pewarta: Satyagraha
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021