Jakarta (ANTARA) - Duta Besar Desra Percaya telah menyerahkan surat-surat kepercayaan sebagai Duta Besar RI untuk Inggris Raya kepada Ratu Elizabeth II di Istana Buckingham di London, Inggris, pada Kamis (3/6).

Pada kesempatan tersebut, Dubes Desra  menyampaikan salam hangat dari Presiden Joko Widodo kepada Ratu Elizabeth II, menurut keterangan KBRI London yang diterima di Jakarta, Jumat.

Dubes RI juga menyampaikan harapan untuk kesehatan dan kesejahteraan keluarga kerajaan dan rakyat Inggris Raya.

"Inggris Raya merupakan mitra yang penting bagi Indonesia. Hubungan bilateral yang baik telah terjalin selama lebih dari 7 dekade dan telah dikembangkan mekanisme bilateral komprehensif untuk berbagai bidang kerja sama yang luas. Kedua negara juga bermitra untuk sama-sama menangani pandemi COVID-19," kata Desra saat berdialog dengan Ratu Elizabeth II.

Sesuai dengan protokol kesehatan selama pandemi, Ratu Elizabeth bergabung secara virtual dari Windsor Castle. Ratu menyampaikan salam hangat kembali untuk Presiden Joko Widodo dan rakyat Indonesia.

"Ratu sangat tertarik dengan kerja sama bilateral RI-Inggris Raya. Untuk itu, Ratu sampaikan harapan mengenai peningkatan kerja sama bilateral kedua negara di berbagai bidang dan kesejahteraan serta kemitraan yang erat untuk menghadapi pandemi," ujar Desra, yang menerima dukungan dari Ratu Elizabeth II untuk dapat melaksanakan amanat sebagai duta besar.

Dengan penyerahan surat-surat kepercayaan tersebut, Desra Percaya mulai Kamis, 3 Juni 2021 telah secara formal memulai tugasnya sebagai Duta Besar RI untuk Inggris Raya.

Penyerahan surat kepercayaan itu diawali dengan perjalanan Dubes Desra dan istri, Sari Percaya, dengan menggunakan kereta kuda dari kantor KBRI London ke Istana Buckingham pada pukul 12.05 (waktu setempat).
Duta Besar RI untuk Inggris Desra Percaya (kiri). ANTARA/Handout-KBRI London/am.

Marsekal Korps Diplomatik Inggris, Alistair Harrison, mendampingi Dubes RI selama pelaksanaan kegiatan resmi tersebut.

Prosesi penyerahan surat kepercayaan oleh Dubes RI di Istana Buckingham dimulai pada pukul 12.20 (waktu setempat) dan berlangsung sekitar 30 menit.

Pada pukul 13.00, Duta Besar Desra Percaya kembali ke Gedung KBRI London untuk mengadakan syukuran yang dilangsungkan sesuai dengan protokol kesehatan yang ketat.

Inggris merupakan mitra strategis Indonesia --investor kedua terbesar dan mitra dagang kelima dari kawasan Eropa.

Pada April 2021, Menlu Inggris Dominic Raab berkunjung ke Jakarta untuk memperkuat persahabatan dan kemitraan yang sejajar antara kedua negara di berbagai bidang kerja sama.

Untuk kerja sama di bidang ekonomi, perdagangan dan investasi kedua negara juga menunjukkan upaya peningkatan. Perkembangan itu tercermin dari pelaksanaan Indonesia Investment Forum 2021 pada 27-28 Mei 2021, yang menurut KBRI London mendapat sambutan sangat baik dari para pelaku usaha kedua negara.

Di bidang sosial-budaya, hubungan baik Indonesia-Inggris ditandai dengan peningkatan kerja sama riset, inovasi, dan hubungan antar kedua masyarakat.

Baca juga: Indonesia, Inggris sepakati pengembangan potensi kendaraan listrik

Baca juga: Inggris makin lirik pasokan bahan baku energi terbarukan Indonesia

Baca juga: Kemenparekraf fasilitasi desainer Indonesia di London Design Biennale


 

Para bangsawan Inggris menuju ke pemakaman Pangeran Philip

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2021