Mendagri dorong NTT lebih gencar sosialisasi prokes COVID-19

id NTT,COVID-19 NTT,medagri, prokes

Mendagri dorong NTT lebih gencar sosialisasi prokes COVID-19

Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnaviasn (tengah) didampingi Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat (kiri) dan Wagub NTT, Josef A Nae Soi (kanan) saat pertemuan dengan para bupati/wali kota di NTT, Kamis (3/6) (Antara/ Benny Jahang)

Kupang (ANTARA) - Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian mendorong Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) lebih gencar melakukan sosialisasi tentang protokol kesehatan pencegahan COVID-19 guna mengendalikan penyebaran virus corona di daerah itu.

"Kami berharap Pemprov NTT dan kabupaten/kota lebih gencar lagi melakukan sosialisasi tentang pentingnya protokol kesehatan dalam mencegah penyebaran COVID-19, karena saat ini pandemi masih berlangsung," kata Mendagri di Kupang, Jumat.

Baca juga: Mendagri tekankan konsep pembangunan harus diarahkan ke penguatan SDM
Baca juga: Presiden perintahkan Mendagri selesaikan masalah Ibu Kota Maluku Utara


Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian melakukan kunjungan kerja ke Provinsi NTT selama dua hari mulai 3-4 Juni 2021. Kunjungan tersebut, untuk melakukan pertemuan bersama para bupati/wali kota di provinsi itu terkait penanganan COVID-19 dan pembahasan penyerapan anggaran daerah.

Ia mengatakan pandemi COVID-19 masih terjadi di sejumlah negara hingga menyebabkan banyak warga meninggal dunia akibat paparan COVID-19.

Tingginya kasus kematian akibat COVID-19 di sejumlah negara, seperti India sebagai akibat kendurnya protokol kesehatan dalam mencegah penyebaran COVID-19.

"Kita tidak ingin peristiwa yang terjadi di India dialami di daerah kita, sehingga perlu dilakukan antisipasi secara dini terhadap penularan COVID-19 dengan terus memperketat penerapan protokol kesehatan," tegas Tito.

Apalagi, kasus COVID-19 mulai meningkat tajam di Malaysia yang sengat dekat dengan wilayah Indonesia.

Menurut dia, protokol kesehatan sangat efektif dalam mencegah penyebaran COVID-19.

"Kita harus terus mengampanyekan pentingnya protokol kesehatan. Jangan lengah sedikit pun. Pemerintah Provinsi NTT harus terus melakukan sosialisasi tentang protokol kesehatan kepada masyarakat secara rutin, mengingat masyarakat sudah mulai ada yang jenuh menggunakan masker," ujarnya.

Baca juga: Mendagri pastikan realisasi APBD genjot ekonomi dan tangani COVID-19

Mantan Kapolri itu mengatakan pemerintah kabupaten/kota di provinsi berbasis kepulauan ini juga harus terus mendorong masyarakat untuk melakukan vaksinasi guna mencegah paparan COVID-19.

"Setelah adanya vaksinasi kasus COVID-19 terlihat menurun, tetapi tetap diwaspadai. Pemerintah NTT dan kabupaten/kota di NTT harus terus mendorong warga yang belum vaksin untuk melakukan vaksinasi COVID-19," tegas Tito.

Pada kesempatan itu juga diserahkan ribuan alat pelindung diri dari Ketua Tim Pengerak PKK Ny. Tito Karnavian kepada sejumlah Ketua PKK kabupaten/kota di NTT.

Pewarta : Benediktus Sridin Sulu Jahang
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar