Saya yakin kita bisa mengambil bagian pasar produk halal, paling tidak sebagai pemain utama di Asia
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan Industri Kecil Menengah (IKM) produk muslim Indonesia berpeluang besar untuk masuk pasar dunia.

“Kesempatan pelaku IKM Indonesia untuk masuk pasar dunia sangat besar, sayang apabila kita tidak menggunakan potensi ini. Maka itu, kami fasilitasi dengan pameran ii-Motion agar produk Indonesia bisa menembus ekspor,” kata Menperin Agus Gumiwang pada pembukaan Pameran ii-Motion secara virtual, Kamis.

Untuk itu Menperin mendorong pertumbuhan IKM produk muslim, memperkuat citra Indonesia sebagai pemain penting dalam industri halal dunia, serta mendukung upaya Indonesia untuk menjadi produsen produk halal terbesar di dunia.

Baca juga: Wujudkan RI jadi produsen produk halal, Pameran ii-Motion resmi dibuka

Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih mengatakan kebutuhan masyarakat terhadap produk dan jasa berlabel halal semakin meningkat, seiring dengan bertambahnya kesadaran terhadap kualitas, keamanan dan kesehatan produk yang dikonsumsi.

Menurut Gati, legitnya pasar industri produk halal global ini memang tak hanya dikerubuti oleh negara dengan mayoritas muslim, seperti Indonesia dan Malaysia.

Perusahaan-perusahaan dari China, Thailand, Filipina, Jepang, Korea Selatan, dan Australia, juga ikut berebut memproduksi barang-barang halal.

“Saya yakin kita bisa mengambil bagian pasar produk halal, paling tidak sebagai pemain utama di Asia,” ujarnya.

Baca juga: Wapres: Indonesia mampu jadi produsen produk halal terbesar di dunia

Baca juga: Wapres minta Indonesia ekspansi pasar fesyen halal ke tingkat dunia


Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021