bantuan yang ditawarkan Shopee adalah menjual dan meningkatkan kapasitas penjualan produk-produk UMKM
Semarang (ANTARA) -
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengajak Shopee berkolaborasi serta berkontribusi nyata dalam meningkatkan kapasitas penjualan produk-produk dari usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di provinsi itu.

Hal tersebut disampaikan Ganjar di Semarang, Selasa, usai bertemu jajaran pimpinan Shopee dan Executive Direktor Rajawali Foundation dalam rangka merencanakan program pemberdayaan, kemitraan dan peningkatan kualitas UMKM Indonesia, khususnya di Jawa Tengah.

Menurut Ganjar, bantuan yang ditawarkan Shopee adalah menjual dan meningkatkan kapasitas penjualan produk-produk UMKM.

Kendati demikian, menurut Ganjar hal itu saja tidak cukup sehingga dirinya mendorong Shopee bisa lebih "bergerilya" lagi mendorong UMKM yang ada di desa-desa.

"Buat saya tidak cukup kalau kita hanya menaruh di 'marketplacenya', tapi mau 'nggak kemudian ada 'training', ada bantuan atau 'Shopee investment' untuk satu teknologi pelatihan. Ternyata dia mau dan akan membuat 'Shopee center' di beberapa desa," kata Ganjar.

Dirinya mengharapkan Shopee Center nantinya bisa memberdayakan UMKM yang ada di desa, termasuk memberikan pelatihan mengenai peningkatan kuantitas, serta kualitas.

Dalam pertemuan tersebut, Ganjar memamerkan sejumlah produk-produk UMKM yang terpajang di etalase ruang kerjanya.

Beberapa produk merupakan UMKM yang sudah masuk pasar internasional dengan pengemasan yang menarik dan beberapa lainnya yang belum namun bisa dikembangkan.

Baca juga: Ganjar: Idul Fitri-Kenaikan Isa Almasih bersamaan itu berkah Indonesia
Baca juga: Kolaborasi Gojek-Tokopedia diyakini akan permudah UMKM Go Digital
Baca juga: Shopee jadi pilihan online marketplace ideal UMKM di Indonesia

 

Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2021